Sudah Enam Bulan Petugas Damkar tak Gajian

Senin, 17 Oktober 2016 – 00:07 WIB
Petugas damkar sedang memadamkan kebakaran. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - SIGI – Nasib Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulteng, yang masih berstatus tenaga honorer, sungguh memprihatinkan.

Sudah selama enam bulan terakhir ini mereka belum menerima gaji atau honornya. 

BACA JUGA: Duh, Salon Rambut Kok di Dalamnya Ada Kondom Bekas Pakai

Untuk memenuhi kebutuhan hari-hari petugas pemadam kebakaran Kabupaten Sigi yang belum juga menerima hak mereka terpaksa mencari pinjaman.

"Petugas pemadam kebakaran ada yang berstatus honorer, namun belum pernah mendapat honor atau insentif dalam enam bulan terakhir," kata salah seorang petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Sigi kepada Radar Sulteng (Jawa Pos Group). 

BACA JUGA: Bolos 66 Hari, Oknum Perwira Polisi Juga Hamili Gadis Cantik

Dia mengatakan, petugas pemadam yang berstatus honorer tersebut berjumlah sekitar enam orang harus bekerja tanpa mendapatkan imbalan apa-apa. 

Padahal, lanjut dia, dalam enam bulan terakhir setidaknya para petugas pemadam ini bekerja siang maupun malam hari, untuk selalu siap apabila tiba-tiba terjadi kejadian kebakaran.

BACA JUGA: Hati-hati Lewat 2 Jalur Ini, Berbahaya Banget

Menurut dia, pegawai berstatus honorer itu sudah mendapatkan SK honor. Fakta itu dibenarkan juga salah seorang petugas Damkar lainnya yang juga enggan ditulis identitasnya.

"Pada saat menjelang Idul Fitri pun kami tidak mendapatkan insentif apa-apa, apalagi uang jasa atau honor, tapi kami harus siap bekerja siang dan malam," katanya.

Mereka berharap Bupati Sigi Mohamad Irwan memberikan kejelasan nasib para petugas pemadam kebakaran. Selain itu, honor yang belum dibayarkan harus ada kejelasan pembayarannya.

Terpisah, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sigi, Resmin Laze  mengklaim bahwa seluruh honor para tenaga honorer di instansi yang dipimpinnya tersebut, sudah terbayarkan.

"Siapa semua mereka. Tolong dicatatkan nama mereka. Karena, seluruh honor para tenaga honorer di BNPB Sigi sudah terbayarkan. Tidak ada yang tidak terbayarkan," pungkasnya. (nen/sam/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hufftt.. Penyebar Video Panas di Panti Pijat Belum Tertangkap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler