Sudah Puluhan Kantong Jenazah Dibuka, Mencari Dua Anaknya

Sabtu, 20 Oktober 2018 – 00:12 WIB
Warga korban gempa dan tsunami di Sulteng mencari sisa-sisa bantuan logistik yang tercecer. Foto: RURY JAMIANTO/RADAR TARAKAN

jpnn.com - Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, diterjang likuifaksi. Sudah dua pekan kejadian itu berlalu. Masih banyak warga belum ditemukan. Hilang

-----

BACA JUGA: Bayi Tersangkut di Pohon 18 Jam, Kisah Ini Bikin Merinding

SEPANJANG mata memandang, hanya reruntuhan bangunan amblas ditelan bumi. Rumah-rumah seperti tabrakan beruntun, saling menghimpit, porak poranda. Jalan beraspal sudah tak berbentuk lagi.

Pohon-pohon sudah bergeser dari tempatnya. Bau jenazah kian menyengat tak bisa dipastikan asalnya dari reruntuhan yang mana, karena baunya menyerbak.

BACA JUGA: Raisa si Balita 19 Bulan, Kehilangan Ayah, Kaki Diamputasi

Seorang pria dengan pakaian lusuhnya, berjalan di antara puing-puing bangunan yang tenggelam ke dalam tanah. Wajahnya menyiratkan duka yang mendalam. Rumah yang ditumpanginya telah perpindah posisi dari asalnya, bahkan ia sendiri tak tahu ke mana pergi rumah itu lantaran terbawa tanah yang bergerak.

Dialah Kahar, pria berusia 34 tahun yang menjajal setiap sudut reruntuhan rumah demi mencari kedua buah hatinya yang hilang saat tragedi likuefaksi di Balaroa. Fenomena seperti itu tak pernah terbayangkan olehnya. Baginya, ini seperti cerita film yang menjadi kenyataan.

BACA JUGA: Pengungsi Masih di Tenda Hingga 2 Bulan ke Depan, Sabar ya

“Sudah beberapa hari ini saya terus mencari anak-anak saya. Tanpa mereka seketika hidup saya hampa. Mereka tersiksa tanpa ada saya di samping mereka,” ucap Kahar yang terus memikirkan kedua buah hatinya itu.

Kepada Radar Tarakan (Jawa Pos Group), Kahar menceritakan bagaimana ia menyaksikan sendiri tanah yang tadinya keras kemudian bergerak dan tiba-tiba bergelombang seperti air. Bahkan tanah itu ia lihat terbelah menjadi dua bagian, seakan dunia telah benar-benar kiamat.

“Ketika itu menjelang magrib, saya sedang berada di luar rumah. Antara rumah dan saya itu jaraknya kurang lebih 10 meter. Dua anak perempuan saya Nabila (12) dan Putri (16) saat itu sedang berada di dapur, satunya masak dan satunya lagi mencuci. Sedangkan yang kecil bermain di luar rumah,” kenangnya ditemui baru-baru ini.

Saat itulah kejadian berlangsung. Tak ada peringatan sama sekali, tiba-tiba tanah bergoyang dengan sangat kencangnya. Tak selesai, tanah dari dalam terdorong ke atas membuat Kahar dipisahkan dengan anak-anaknya.

“Saya sudah enggak bisa ke mana-mana. Bangunan semua runtuh, posisi rumah yang ada dua anak saya berjalan begitu cepat. Saya hanya bisa berteriak memanggil mereka, namun seperti tak ada gunanya lagi,” katanya.

Kahar tak tahu bagaimana nasib kedua anak kesayangannya itu. Selama kurang lebih sejam kejadian itu, ia mencoba mencari anak-anaknya. Namun ia tak tahu harus dimulai dari mana. Pasalnya, seluruh rumah sudah hancur tak beraturan.

Bahkan, jalanan di Balaroa sudah seperti lokasi yang tak dapat dikenali, ditambah lagi tak penerangan lampu sama sekali. “Anak kecil saya Ari yang berusia 3 tahun itu selamat karena saya suruh keluar saat itu. Hanya kedua kakaknya ini hingga sekarang belum ketemu,” katanya.

Kahar tak tahu harus berbuat apa lagi. Setiap sudut jalan di Balaroa sudah ia kunjungi. Bahkan setiap mendengar ada penemuan mayat oleh petugas ia bergegas menuju lokasi itu, sekadar untuk mencari tahu apakah itu anak-anaknya yang ia cari selama ini.

“Saya sudah seperti orang gila, ke mana saya bisa pergi untuk mencari anak saya. Bahkan, saya puluhan kantong jenazah sudah saya buka untuk mencari wajah-wajah anak saya itu,” tangis Kahar.

Kahar berharap anak-anaknya bisa ditemukan dalam keadaan selamat. Dan berharap mukjizat Tuhan.

“Semoga anak saya masih hidup. Tapi jika mereka benar-benar sudah tidak ada. Saya berdoa, ya Allah tenangkan mereka di sisi-Mu, mereka putri-putri kesayanganku yang sangat saya cintai. Ampuni kami yang penuh dosa ini,” doa Kahar dengan linangan air mata. (eru/lim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Korindo Sumbang Rp 7 Miliar untuk Korban Gempa Sulteng


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler