Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus Tata Area Taman Jalur Hijau Jati Pinggir

Sabtu, 27 April 2024 – 15:00 WIB
Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat memperbaiki dan menata Taman Jalur Hijau Jati Pinggir, Jalan Petamburan, Kelurahan Petamburan, Tanah Abang. Foto: dokumentasi Pemprov DKI

jpnn.com, JAKARTA - Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat memperbaiki dan menata Taman Jalur Hijau Jati Pinggir, Jalan Petamburan, Kelurahan Petamburan, Tanah Abang.

Kasudin Pertamanan Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan untuk rencana jangka pendek pihaknya akan merapikan serta memperbaiki sarana dan prasarana.

BACA JUGA: Sambut HUT RI, Pemprov DKI Percantik Taman dan Jalur Hijau

"Pada 2025 akan kami usulkan penataan dengan desain yang bisa meminimalisir upaya okupasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab," ucap Mila dalam keterangannya, Jumat (26/4).

Upaya lainnya sebenarnya sudah dilakukan jauh-jauh hari. Mila menuturkan bahwa pihak RT dan RW telah diminta untuk mengimbau warga agar tidak melakukan tindakan melanggar ketertiban.

BACA JUGA: Jalur Hijau Steril Reklame

Hal itu dilatarbelakangi banyaknya bangunan semi permanen dan barang bekas dilokasi penataan.

"Beberapa kali sebenarnya kami sudah berkoordinasi dengan pihak RT RW untuk bantu mengimbau warga sekitar agar tidak melakukan tindakan yang melanggar ketertiban, namun pelanggaran kerap terjadi,” kata dia.

BACA JUGA: Warga Pluit Minta Gubernur Anies Batalkan IMB di Jalur Hijau

Dia melanjutkan sekitar lokasi juga kerap dibangun rumah dengan jumlah hunian yang melebihi kapasitas tampung yang layak.

Kondisi itu membuat warga sering memanfaatkan taman untuk menempatkan barang mereka.

"Lingkungan sekitar pasar yang pedagangnya membuang sampah dan menempatkan barang-barangnya di area taman" jelas Mila.

Sementara itu, Lurah Petamburan Rian Hermanu mengatakan kini ribuan tanaman pilihan telah tertanam di lokasi yang ditertibkan.

Saat ini, ini lokasi lebih berwarna, apalagi ketika tanaman tumbuh dengan baik.

"Hari ini sudah ditanamkan tanaman sebanyak 3.700 tanaman. Untuk jenisnya ada Pentul Pacing 1.000, Bakung Kebo 2.000, dan Bakung Kecil 700,” tambah Rian. (mcr4/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler