Sudirman Said soal Cawapres Pendamping Anies: Kami Mohon Doa

Senin, 14 Agustus 2023 – 07:17 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) bersama bakal capres 2024 Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, KARAWANG - Anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan Sudirman Said menyampaikan info terkini soal bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Sudirman menyebut nama kandidat cawapres pendamping eks gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal segera diumumkan.

BACA JUGA: Presiden PKS Yakin Anies akan Bijak Menentukan Cawapres

"Kapan pengumuman kandidat cawapres Anies Baswedan dilakukan, ini masih dalam pembicaraan KPP (Koalisi Perubahan untuk Persatuan)," kata Sudirman Said dikutip dari siaran pers di Karawang, Minggu (13/8).

Dia menjelaskan bahwa koalisi mengapresiasi pandangan berbeda dalam soal waktu deklarasi sekaligus pengumuman calon pendamping Anies Baswedan.

BACA JUGA: Dejavu Ganjar soal Pilpres 2014 Tanggapi Golkar & PAN Dukung Prabowo

Hal itu menurutnya terjadi karena ketiga partai di KPP, yakni NasDem, Demokrat, dan PKS punya latar belakang dan konteks internal yang berbeda-beda meski dengan tujuan yang sama, yaitu mengusung dan memenangkan pasangan capres dan cawapres koalisi perubahan.

Namun, eks menteri ESDM itu meyakini bahwa setiap pandangan memiliki latar belakang dan dasar pemikiran.

BACA JUGA: Gus Romy Sebut KIB Otomatis Bubar setelah PAN dan Golkar Dukung Prabowo Jadi Capres

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan pandangan sebaiknya deklarasi cawapres untuk Anies Baswedan menunggu koalisi lain lebih dahulu, bahkan akan dilakukan mendekati pendaftaran resmi ke KPU.

Sementara Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengharapkan ada deklarasi bersama secepatnya dan mengumumkan nama pasangan cawapresnya Anies.

Sudirman pun tidak menepis adanya perbedaan di dalam penentuan waktu pengumuman cawapres pendamping Anies tersebut.

“Benar ada perbedaan, tetapi kesamaannya adalah seluruh partai sikapnya berdasarkan Piagam Koalisi, yakni memberikan mandat kepada kandidat capres untuk menentukan pasangan," ucapnya.

Menurut Sudirman, Anies telah mendapat masukan berbagai nama calon pendampingnya selama beberapa bulan terakhir dari hasil berkonsultasi dengan banyak tokoh masyarakat ,baik pemimpin partai maupun non partai.

Nama cawapres tersebut pun sudah dikantongi Anies dan kini sedang dalam proses mengomunikasikan keputusan yang telah diambilnya kepada para ketua umum partai KPP dan tokoh masyarakat.

Setelah komunikasi itu beres, Sudirman menyebut pada waktunya para pemimpin partai akan menyepakati momentum terbaik mendeklarasikan bersama koalisi sekaligus mengumumkan nama calon pasangan.

“Kami mohon doa dari berbagai pihak yang menghendaki perbaikan, karena dalam waktu tidak lama lagi KPP akan mendeklarasikan secara resmi pasangan Anies Baswedan untuk Pemilu 2024,” ujar Sudirman.(antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler