Suhardi Alius Dijagokan Jadi Kapolri, Martin Untuk Menpora

Kamis, 25 September 2014 – 13:36 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Institute for Transformation Studies (Intrans), Saiful Haq mengatakan presidetn terpilih periode 2014-2019 Joko Widodo harus memberikan perhatian khusus kepada kepolisian. Menurutnya, korps bhayangkara sebagai lembaga penegak hukum harus benar-benar bersih agar wibawa pemerintahan yang akan dibentuk Jokowi-JK pada 20 Okteber 2014 mendatang tetap terjaga.

“Jokowi harus memberi perhatian khusus kepada kepolisian, sejak masa reformasi, Polri sudah berbenah diri, namun rasanya belum cukup menjadi penopang demokrasi dan pemerintahan bersih,” kata Saiful Haq pada acara peluncuran riset bertajuk Menakar Kabinet Trisakti Jokowi-JK di Jakarta, Rabu (24/9).

BACA JUGA: Ruhut Sarankan Anas Terima Vonis Delapan Tahun

Saiful mengatakan yang perlu diperhatikan dalam membenah internal kepolisian adalah dalam mengangkat kapolri. Kata dia, kapolri yang akan menggantikan Jenderal Sutarman perlu memilki rekam jejak yang bersih dan integritas dalam melaksanakan tugas adalah kriteria utama untuk figur kapolri.

“Sosok Suhardi Alius dikenal memiliki integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya. Dia tidak pernah terkait mafia kasus atau apapun termasuk rekening gendut,” jelas Saiful mempertegas hasil rekomendasi riset Intrans untuk posisi Kapolri.

BACA JUGA: Jika Intelijen Lemah, Jokowi Bisa Senasib Gus Dur

Suhardi Alius kini menjabat posisi Kabareskrim Mabes Polri. Menurut Saiful, secara tradisional, kapolri biasanya diambil dari desk Reserse dan Kriminal. "Dan saya pikir Suhardi sudah berada pada track yang benar sebagai Kabareskrim, Suhardi juga kooperatif dalam kasus-kasus besar seperti korupsi dan pelanggaran HAM.” katanya.

Di sisi lain, Saiful juga menyinggung persoalan tarik menarik kekuatan antara Parpol dan  Relawan dalam pembentukan kabinet. Kata dia, Jokowi harus mencari sosok di kementerian yang mampu menjaga komunikasi antara parpol dan relawan agar tidak memunculkan konflik.

BACA JUGA: Sarankan Jokowi Bentuk Kementerian Penanggulangan Kemiskinan

“Sosok yang tepat itu haru punya kapasitas berkomunikasi yang baik, ke partai politik, maupun ke kelompok relawan. Saya kira Martin Manurung adalah orang yang tepat menduduki posisi tersebut," ucapnya.

Intrans merilis tiga orang kandidat kuat Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), yakni: Ketua Garda Pemuda Nasdem, Martin Manurung; Ketua GP Ansor yang juga politikus Golkar, Nusron Wahid; dan Ketua DPP Hanura Yuddi Chrisnandi. Namun Intrans merekomendasikan Martin Manurung untuk menempati posisi tersebut. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Amankan Paripurna RUU Pilkada, Polda Jamin Tak Pakai Senpi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler