Suka Minum Red Wine Setiap Malam, Ini 4 Keuntungannya untuk Tubuh

Rabu, 09 Februari 2022 – 07:14 WIB
Ilustrasi red wine. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - MINUMAN alkohol seperti red wine atau white wine memang tidak semua orang bisa mengonsumsinya.

Hal ini tentu saja karena harga dari minuman anggur atau red wine tersebut yang tidak murah.

BACA JUGA: Red Wine Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Namun, jika Anda suka mengonsumsi red wine setiap malam, tetapi masih dalam jumlah terbatas, hal ini akan memberikan efek baik untuk tubuh.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Tasteofhome.

BACA JUGA: Ini Manfaat Cokelat dan Red Wine buat Penyakit Mata

1. Kesehatan usus yang lebih baik

Sebuah studi tahun 2019 dalam jurnal Gastroenterology menemukan orang yang minum anggur merah atau red wine setiap malam memiliki keragaman bakteri baik yang lebih besar di usus mereka dibandingkan dengan orang yang tidak minum anggur merah.

BACA JUGA: Red Wine Cegah Pertumbuhan Bakteri Perusak Gigi

Para peneliti tidak melihat efek yang sama dengan anggur putih atau jenis alkohol lainnya, menurut penelitian terhadap lebih dari 900 perempuan kembar.

Memiliki bakteri yang lebih beragam dan proporsi yang lebih besar dari beberapa jenis daripada yang lain dianggap membantu pencernaan makanan, fungsi kekebalan dan manajemen berat badan.

Keseimbangan bakteri usus yang tidak sehat telah dikaitkan dengan penambahan berat badan dan kerentanan terhadap beberapa penyakit.

Dalam studi tersebut, peminum anggur merah juga cenderung tidak mengalami obesitas dan memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.

Para peneliti menemukan minum anggur merah sekali setiap dua minggu sudah cukup untuk melihat efeknya.

2. Kesehatan jantung yang lebih baik

Sebuah tinjauan 2017 di Circulation menunjukkan etanol dan polifenol dalam anggur bersama-sama bisa membantu melindungi terhadap penyakit kardiovaskular kronis.

Sebagian besar penyakit jantung dan resveratrol antioksidan bisa membantu dengan manfaat meningkatkan jantung dari segelas anggur malam terutama varietas merah.

Tanin yang terkandung dalam anggur merah, procyanidins, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Clinical Nutrition.

Antioksidan dalam anggur meningkatkan kolesterol HDL yang menyehatkan jantung serta menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Namun, moderasi adalah kuncinya. Asupan alkohol kronis dan berlebihan dikaitkan dengan melemahnya jantung, secara medis disebut sebagai kardiomiopati dan gagal jantung.

3. Tulang yang lebih kuat

Penelitian telah menemukan tulang bisa lebih kuat pada wanita menopause yang rata-rata minum sekitar satu gelas red wine per hari.

Sebuah studi 2017 di PLoS One mendukung kesimpulan minum ringan dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih baik pada wanita pascamenopause.

4. Otak Anda mungkin tetap lebih tajam lebih lama

Memang benar fungsi otak bisa menurun seiring bertambahnya usia.

Namun, asupan alkohol moderat, misalnya, dengan minum satu gelas anggur di malam hari dikaitkan dengan penurunan yang lebih lambat.

Sebuah analisis yang melibatkan hampir 1.500 orang yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan orang berusia 65 tahun atau lebih yang menikmati minuman beralkohol dalam jumlah ringan hingga sedang, terutama anggur merah memiliki total volume otak yang lebih besar daripada yang bukan peminum.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler