Sukses Pasang Solar Panel ke-24 di Sorong, FIFGROUP Implementasikan Komitmen Keberlanjutan

Jumat, 09 Agustus 2024 – 15:08 WIB
Seremoni pemotongan pita yang dilaksanakan 2 Direktur FIFGROUP, yakni Esther Sri Harjati (ketiga dari kanan) dan Valentina Chai (keempat dari kanan), menandai diresmikannya pemasangan solar panel ke-24 di Kantor FIFGROUP Cabang Sorong, Papua Barat pada Kamis (8/8). Foto: Dokumentasi FIFGROUP

jpnn.com, SORONG - PT Federal International Finance (FIFGROUP) melanjutkan komitmennya dalam implementasi keberlanjutan perusahaan dengan meresmikan pemasangan solar panel yang ke-24 di Kantor FIFGROUP Cabang Sorong, Papua Barat.

Pemasangan panel surya berkapasitas 10,8 KwP ini merupakan langkah FIFGROUP sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan transisi menuju energi ramah lingkungan.

BACA JUGA: Mantap! Transaksi UMKM FIFGROUP Naik 58,42 Persen di FIFestival Street Food 2024

FIFGROUP menargetkan penambahan instalasi solar panel di 12 titik cabang pada 2024, dan Cabang Sorong menjadi yang ke-6.

Sebelumnya sudah dilakukan lima pemasangan yang berlokasi di FIFGROUP Cabang Serang, Cikarang, Palangkaraya, Palu, dan Lampung.

BACA JUGA: Puncak HUT ke-35, FIFGROUP Tingkatkan Pemahaman Keselamatan Berkendara Lewat Cara Asyik

Menurut rencana, implementasi project pemasangan solar panel FIFGROUP 2024 selanjutnya akan dilakukan di cabang Pontianak 1, Batam 1, Pangkal Pinang, Surabaya 1, Jatiuwung, dan Pondok Gede.

Kegiatan ini menyusul pemasangan instalasi solar panel di sepuluh kantor cabang pada tahun 2023, kemudian tujuh cabang pada 2022 dan satu cabang pada 2019.

BACA JUGA: Dukung Pelestarian Lingkungan, FIFGROUP Hadirkan Kampanye #SatuNafas di IMOS+ 2023

Adapun totalnya hingga 8 Agustus 2024, sudah 24 solar panel yang telah diresmikan oleh FIFGROUP yang tersebar di Indonesia.

Hadir dalam peresmian kali ini, 2 Director FIFGROUP, yakni Esther Sri Harjati dan Valentina Chai, yang didampingi oleh Network & Inventory Management Division Head Julius Jansen, General Support, Security and Building Management Division Head Theresia Muliani, serta Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head Charles DW Simaremare.

Esther dalam sambutannya menyampaikan harapan manajemen perusahaan kepada seluruh jajaran manajemen FIFGROUP Sorong untuk dapat berperan aktif dalam menjaga dan merawat keberadaan solar panel tersebut.

Dia menegaskan solar panel menjadi salah satu aksi nyata FIFGROUP bagi bumi dalam upaya penghematan energi dan memilih sumber daya yang ramah lingkungan.

"Untuk itu, manajemen berharap agar seluruh karyawan dapat merawat perangkat solar panel sebagai implementasi keberlanjutan perusahaan,” pesan Esther dalam sambutannya dalam seremoni peresmian.

Upaya Implementasi Program Keberlanjutan Perusahaan

Tingkat sinar matahari yang tinggi di kota yang terletak di ujung barat Pulau Papua tersebut menjadi salah satu dasar Kantor Cabang FIFGROUP Sorong terpilih untuk dilakukan instalasi solar panel.

Kondisi intensitas irradiasi matahari Sorong tercatat sebesar 1.791,4 KWh per meter persegi, sesuai dengan data dari Global Horizontal Irradiation (GHI) yang memiliki intenstitas irradiasi tertinggi berada di wilayah Indonesia bagian Selatan (kisaran 1.600 KWh per meter persehi sampai dengan 2.000 KWh per meter persegi).

Di 2023, FIFGROUP telah melakukan 10 instalasi solar panel yang berlokasi di Cabang Medan, Denpasar, Pekanbaru, Rungkut, Makassar, Palembang, Jayapura, Mataram, Karawang, dan Balikpapan.

Pada tahun ini, perseroan berkomitmen untuk melakukan pemasangan instalasi solar panel sebanyak 12 titik lokasi kantor cabang.

Esther menambahkan pemasangan solar panel ini juga seirama dengan misi FIFGROUP dalam menjalankan program keberlanjutan yang sejalan dengan Environment, Social, and Governance (ESG).

"Oleh karenanya, di mana setiap individu dan pihak harus berperan aktif dalam upaya penanggulangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lestari bagi generasi mendatang,” tambah Esther.

Inisiatif Keberlanjutan FIFGROUP

FIFGROUP berharap melalui instalasi solar panel yang dilakukan secara berkesinambungan di beberapa titik cabang yang tersebar di Indonesia, dapat menjadi langkah yang baik dalam memberikan dampak positif bagi keberlanjutan ekosistem lingkungan hidup di bumi dan kehidupan di generasi yang akan datang.

Dalam kesempatan yang sama, Esther juga turut menyampaikan informasi kompetisi bagi karyawan internal bertajuk FIFGROUP Sustainability Awards 2024.

Dia mengajak seluruh karyawan FIFGROUP untuk berpartisipasi, baik melalui pencapaian sustainability index cabang dalam sub-program Sustainability Index Awards, maupun melalui ide misi keberlanjutan yang inovatif dalam sub-program Sustainability Innovation Ideas dengan inisiatif-inisiatif demi kebaikan perusahaan dan kontribusi kepada lingkungan, sosial dan keamanan.

Perusahaan yang berkantor pusat di selatan Jakarta itu, juga terus berkomitmen menjalankan program kampanye #CARE (Create Action, Rescue Earth) melalui perwujudan aksi nyata perseroan dengan berfokus pada peningkatan awareness karyawan untuk mencapai target keberlanjutan pada tahun 2030.

Pada kampanye tersebut, FIFGROUP membaginya menjadi 3 inisiatif, yaitu #CAREforWaste, #CAREforPeople, dan #CAREforGreenLiving. Untuk #CAREforWaste.

FIFGROUP mendorong karyawannya berpartisipasi untuk bijak dalam penggunaan air, mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, hingga penggunaan botol plastik di area kantor.

Kemudian melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berupaya menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen untuk pegawai disabilitas dan juga program inspeksi safety riding yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman.

Untuk program #CAREforGreenLiving, FIFGROUP berinisiatif menciptakan kehidupan yang berkelanjutan melalui program yang mendorong karyawan dalam menghemat penggunaan listrik khususnya Air Conditioner (AC) sebagai salah satu penyebab penggunaan listrik berlebihan.

Program ini akan terus digencarkan oleh perusahaan sehingga ke depannya aksi keberlanjutan tidak hanya dilakukan oleh perseroan tetapi dimulai dari hal kecil yang dapat dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan hingga masyarakat yang merasakan dampaknya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler