Sultan Sebut Hubungan Erat Indonesia-China Karena Kecakapan Diplomasi Presiden Jokowi

Jumat, 17 Mei 2024 – 20:28 WIB
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin menyampaikan pidato pada acara perayaan persahabatan Indonesia -China di kedutaan besar Republik Rakyat Tiongkok di bilangan Kuningan, Jakarta, Kamis (16/5). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin menyebut hubungan Indonesia-China berada dalam suasana terbaik sejak Presiden Joko Widodo terpilih sebagai presiden RI.

Meskipun demikian, Sultan tak memungkiri warisan diplomasi presiden pertama RI Soekarno dalam memperkuat kerja sama kedua negara.

BACA JUGA: Mendag Zulhas Sebut Oil Tanker yang Dibeli dari China Ini Tak Layak, Bakal Dikembalikan

Sebagai bangsa kita berutang terima kasih kepada para pendiri bangsa yang telah memulai apa yang kita rayakan hari ini.

"Namun, harus kita akui bahwa hubungan erat Indonesia-China kembali terjalin karena kecakapan diplomasi Presiden Joko Widodo. Persahabatan yang tulus telah mengubah arah kerja sama ekonomi kedua negara menjadi pada titik strategis yang komprehensif,” ujar Sultan.

BACA JUGA: Ternyata Ini Produk AMDK Pilihan Sultan Andara dan Keluarga

Sultan menyampaikan hal itu saat berpidato pada acara perayaan persahabatan Indonesia -China di kedutaan besar Republik Rakyat Tiongkok di bilangan Kuningan, Jakarta, Kamis (16/5).

Senator muda yang digadang-gadang akan mencalonkan diri sebagai Ketua DPD RI itu pun mengapresiasi capaian kerja sama komprehensif China-Indonesia saat ini.

BACA JUGA: Sultan Ucapkan Selamat Kepada Prabowo-Gibran

Indonesia dan China sudah menjadi saudara yang saling memahami secara prinsipil dan saling menguatkan satu sama lain.

“Dalam waktu yang tidak lama China telah hadir sebagai kekuatan baru di panggung global. Transformasi ekonomi yang dahsyat telah mengubah status China sebagai negara berkembang di Asia menjadi pengatur geostrategi yang menentukan,” puji mantan aktivis KNPI itu.

Sultan berharap kerja sama komprehensif China-Indonesia dapat terus ditingkatkan.

“Kami percaya presiden terpilih Prabowo Subianto akan mempertahankan kerja sama komprehensif kedua negara yang mengesankan ini,” ujar Sultan.

Menurut Sultan, Indonesia menghormati kebijakan one China policy dan upaya Pemimpin China dalam memainkan peran geostrategi secara signifikan di banyak kawasan. Terutama dengan pendekatan pembangunan ekonomi dan investasi di negara-negara berkembang.

“Dengan posisi diplomatik yang kuat di bidang ekonomi, China adalah pihak yang dihormati dan didengar oleh hampir semua pemimpin negara-negara yang bertikai. China sangat bisa diandalkan dalam mewujudkan stabilitas global yang damai dan maju,” ujar Sultan.(fri/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler