Sumsel Kerahkan Videobloger Mancanegara Potret GMT

Minggu, 14 Februari 2016 – 18:56 WIB
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - PALEMBANG – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memuji Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang responsif dengan momentum Gerhana Matahari Total (GMT) yang bakal melintasi Palembang, 9 Maret 2016 mendatang. Ia menilai Sumsel sangat cepat merespons dan langsung memformat banyak event untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (Wisman).

“Saya lihat, agendanya banyak dan bagus-bagus. Bagi orang Jakarta yang ingin menyaksikan GMT yang hanya terjadi 350 tahun sekali ini, silakan ke Palembang,” saran Menpar Arief Yahya, Minggu (13/2).

BACA JUGA: Saud Usman Sentil Salah Satu Pejabat Batam

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel pun selain menggelar sarapan pagi di Ampera, juga bakal menampilkan Naga Raksasa di kawasan jembatan Ampera. Mereka juga akan memanggil sejumlah selebritas blogger yang memiliki jutaan pengikut. Misinya adalah mengajak follower-nya berkunjung ke Bumi Sriwijaya itu.

“Silakan datang dan eksplorasi Palembang,” kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

BACA JUGA: Hati-Hati! BNPT Endus Sel Teroris Berkembang di Batam

Rangkaian patung naga yang besar digarap anak-anak SMKN 7. Patung naga raksasa itu akan ditampilkan pada 8 Maret 2016 di kawasan BKB dan Ampera.

“Pembuatannya cukup rumit. Ini melibatkan para guru dan tujuh siswa dari jurusan griya kayu,” terang Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camalyn Sinaga, Jumat (12/2).

BACA JUGA: Kepergok Sekamar di Hotel Melati, Ngakunya Paman sama Ponakan

Menurut Irene, naga raksasa itu terbuat dari gabus berwarna putih. Semua rangkanya menggunakan besi.

“Panjang patung naganya 18 meter, namun jika sudah meliuk maka ukurannya menjadi 10 meter dengan ketinggian mencapai 4 meter. Dan ada sekitar 20-an lampu lampion di dalam naga yang memancarkan cahaya,” ujarnya.

Setelah atraksi naga raksasa yang memancarkan cahaya, Disbudpar Sumsel melirik dunia maya. Untuk urusan yang satu ini, Irene mengaku sudah menggandeng  12 seleb blogger. Dua diantaranya berasal dari Singapura dan Malaysia. Sisanya dari Jakarta, Bandung, Bali dan Yogyakarta.

Tugas mereka, kata Irene, mengelilingi sejumlah tempat wisata dan pusat kuliner di wilayah Palembang.

Menggandeng blogger atau penulis blog untuk menyosialisasikan sesuatu ke khalayak umum memang sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Sebagai media alternatif selain iklan di media arus utama, pemanfaatan blog sebagai media sosial memiliki kelebihan yang menjadikannya semakin dipilih sebagai media promosi.

Selain cepat dan mudah menyebar, pemanfaatan blog dan para blogger dianggap lebih efektif karena cenderung memiliki segmentasi dan fragmentasi pembaca yang lebih pasti. Disbudpar Sumsel ingin memanfaatkan selebritas blogger sebagai corong untuk ikut menyebarluaskan GMT serta mempromosikan branding Wonderfull Indonesia.

“Blogger Singapura dan Malaysia terkesima dengan keeksotisan wisata peninggalan zaman Sriwijaya maupun peradaban China di Sumsel. Testimoni mereka di blog masing-masing akan sangat membantu promosi GMT di Sumatera Selatan,” papar Irene.(dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ungkap Kematian Sang Balita, Orangtua Korban Diperiksa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler