Super Tim Gagasan Eman Suherman Dinilai Bantu Tekan Angka Kemiskinan di Majalengka

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 19:47 WIB
Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi (kiri) bersama Eman Suherman saat masih menjabat sebagai sekretaris daerah. Foto: source for jpnn

jpnn.com, MAJALENGKA - Penjabat (Pj) Bupati Majalengka Dedi Supandi mengungkapkan rahasia keberhasilannya memimpin wilayah tersebut.

Dedi menyebutkan salah satu rahasia keberhasilan itu adalah karena super tim yang dibentuknya bersama Sekretaris Daerah (Sekda) H. Eman Suherman. 

BACA JUGA: Dedi Supandi Ungkap Alasan Tak Tergiur Maju di Pilbup Majalengka

“Jadi kita membuat tim yang super dan peran Pak Haji Eman di situ sangat membantu sehingga muncullah keberhasilan-keberhasilan lainnya,” kata Dedi dikutip di Jakarta, Sabtu (17/8).

Seperti diketahui, Dedi bersama Eman telah mengantongi 13 penghargaan dari Desember 2023 hingga Agustus 2024. 

BACA JUGA: Eman Suherman Berkomitmen Kembangkan Desa Wisata Religi di Majalengka

Penghargaan pertama diberikan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin kepada Kabupaten Majalengka, yakni Anugerah Revolusi Mental 2023 Kategori Pendukung Program Aksi Nyata Penanaman Sepuluh juta Pohon.

Terbaru, Dedi menerima penghargaan Pemimpin Daerah Award 2024 Inews pada Kategori Peningkatan Ekonomi Daerah dengan Upaya Pengentasan Kemiskinan Berkelanjutan. 

BACA JUGA: Ciptakan Generasi Muda Tangguh, Eman Suherman Gelar Jambore Ranting Majalengka

Dia terbukti berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Majalengka yang tadinya di angka dua digit, yakni 11 persen menjadi delapan persen.

Upaya penurunan angka kemiskinan ini berhasil dilakukan dengan menggalakkan program yang salah satunya adalah Sapa Usaha Rakyat Aksi Berbagai Informasi (Surabi). 

Program ini menstimulan pertumbuhan UMKM masyarakat Majalengka melalui berbagai bantuan pemerintah.

Atas keberhasilan tersebut, Dedi banyak menerima dukungan masyarakat Majalengka untuk maju di Pilbup 2024 mendatang.

Menanggapi ini, ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dengan tegas menyatakan tidak akan maju di kontestasi demokrasi mendatang.

Namin, Dedi menegaskan ingin fokus untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan sebagai ASN berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-6592 Tahun 2023 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Majalengka.

“Melalui keputusan Mendagri ini saya masih jadi Pj Bupati, dan Insyaallah amanat ini akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya. Jadi saya tidak ada rencana ataupun pemikiran di 2024 ini untuk mencalonkan jadi bupati dalam kontestasi Pilkada 2024,” tegas Dedi.

Di sisi lain, menatap Pilbup 2024 mendatang, Dedi menyatakan Majalengka membutuhkan pemimpin yang bisa menerusakan keberhasilan pemerintah saat ini.

Utamanya pemimpin yang mampu turun ke masyarakat untuk merealisasikan program yang tepat sasaran. 

“Jadi, sosok pemimpin ke depan itu adalah pemimpin yang dia mampu turun ke bawah dan dengan memberikan tauladan serta kolaboratif dengan semua pihak,” pungkas Dedi. (mcr10/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler