Suporter Persija Tewas, DPR Diskusi dengan Kemenpora

Kamis, 27 September 2018 – 18:08 WIB
Haringga Sirila. Foto: dok Keluarga

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mengutuk keras dugaan penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya salah satu suporter Persija Jakarta Haringga Sirla.

Harlingga diduga dikeroyok saat menyaksikan pertandingan antara Persija Jakarta versus Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9).

BACA JUGA: Polisi Teliti Kalimat Tauhid di Video Penganiayaan Haringga

Hetifah mengatakan, tujuan olahraga adalah untuk meningkatkan kebahagiaan, bukan untuk terus menerus mempertahankan permusuhan.

"Jadi memang ini kondisi yang berbalik, berbeda dari tujuan utamanya. Pastinya tentu tidak mungkin kami biarkan," kata Hetifah dalam diskusi "Duka Sepakbola, Salah Siapa?" di gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/9).

BACA JUGA: Menpora Bakal Panggil PSSI dan Suporter untuk Duduk Bersama

Hetifah mengatakan, memang ada kecenderungan sekarang seolah-olah menyalahkan suporter. Padahal, lanjut dia, banyak sekali pihak atau stakeholder yang sedikit banyak juga punya tanggung jawab.

"Tentu saja pemerintah Kementerian Pemuda dan Olahraga ada di sini yang langsung terlibat, panitia pelaksana, kepolisian dan pemerintah daerah," jelas dia.

BACA JUGA: Pemerintah Blokir Ratusan URL Video Kekerasan ke Haringga

Lebih lanjut Hetifah mengatakan, dibekukannya Liga 1 Indonesia, bukan saja hanya merugikan sponsor tapi masyarakat luas. Karena itu, Hetifah menekankan seharusnya diuji atau dikaji dengan lebih sungguh-sungguh karena masyarakat juga punya hak yang untuk mendapatkan kebahagiaan dan hiburan. "Harusnya hak itu dilindungi oleh pemerintah," tegas Hetifah.

Meski begitu, pihaknya mengapresiasi penghentian atau langkah yang sudah diambil pemerintah sementara ini.

"Karena memang dianggap mungkin kondisinya darurat. Namun tadi saya juga pikirkan ada kepentingan lain juga di situ," ungkapnya.

Dia menambahkan DPR sudah berdiskudi dengan Kemenpora dan memberikan beberapa catatan agar kementerian yang dipimpin Imam Nahrawi itu betul-betul memperhatikan dan merangkul semua pemangku kepentingan termasuk PSSI dan juga suporter.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Legimin: Persaudaran Antarsuporter Harus Tetap Dijaga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler