Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Timses Prabowo: Ini Skandal Besar

Kamis, 11 April 2019 – 17:55 WIB
Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandiaga Miftah Sabri. Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandiaga Miftah Sabri geram ketika mendengar kabar sejumlah surat suara tercoblos di Malaysia, tepatnya di Selangor. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga telah mengonfirmasi kebenaran kejadian tersebut.

"Saya pikir ini big scandal, kalau itu bukan hoaks. Ini bahaya," ucap Miftah ditemui di Jakarta, Kamis (11/4).

BACA JUGA: Respons Jokowi soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Dia mengatakan, kejadian surat suara tercoblos ini memunculkan segudang tanya di rakyat. Tidak tertutup kemungkinan, rakyat akan mempertanyakan integritas Pemilu 2019 Indonesia.

(Bacalah: Bawaslu Pastikan Video Viral Surat Suara Tercoblos di Malaysia Bukan Hoaks)

BACA JUGA: Bawaslu Pastikan Video Viral Surat Suara Tercoblos di Malaysia Bukan Hoaks

"Seandainya memang benar, ada surat suara yang sudah dicoblos untuk nomor 01 (presiden-wakil presiden) dan untuk DPR RI, itu jadi susah integritas pemilu kita," ungkap dia.

BACA JUGA: Ketemu Jubir Prabowo di Rumah Makan Sambalado, Ketua KPU Kota Pariaman Dipecat

Selain itu, kata dia, tidak tertutup kemungkinan rakyat akan mempertanyakan kredibilitas Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, kejadian dugaan kecurangan ini heboh di era Jokowi.

"Maksud saya, akhirnya leadership Pak Jokowi yang kelihatan. Itu akhirnya berkaitan dengan (janji Jokowi) katanya tidak membagikan jabatan partai. Begitu (Jokowi) duduk, dia bagikan ke partai," ungkap dia.

Sebelumnya anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengaku sudah meneliti video yang beredar tentang surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia. Bawaslu memastikan kabar tersebut bukan informasi sesat.

"Benar (temuan itu). Panwaslu Kuala Lumpur sebagai penemu dan kami well informed," ujar Fritz ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (11/4).

Dalam video yang viral di jejaring Whatsapp, tampak penggerebekan sekelompok orang ke lokasi yang diduga tempat penyelundupan surat suara di kawasan Bangi, Selangor, Malaysia.

Dalam video itu, orang yang melakukan penggerebekan tampak kesal dengan temuan suara di lokasi. Sebab, surat suara di lokasi penggerebekan telah tercoblos untuk pasangan capres dan cawapres Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan surat suara pileg untuk Partai Nasdem dengan caleg Nomor urut 3 atas nama Ahmad. 

Sebagai catatan, proses pemungutan suara di wilayah Malaysia baru diselenggarakan pada hari Minggu, 14 April 2019. Pencoblosan dilakukan di empat kota yakni Kuala lumpur, Kinabalu, Kuching, Penang dan Tawau. (mg10/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BPN: Jokowi Sudah Terkepung, Tinggal Sekakmat


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler