Survei Charta Politika: Dua Parpol Baru Masih Berpeluang Lolos ke Senayan

Kamis, 04 April 2019 – 15:12 WIB
Direktur Riset Charta Politika Muslimin di Jakarta Selatan, Kamis (4/4). Foto: Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Charta Politika menyebut tujuh partai politik berpotensi besar melanggeng ke Senayan. Sebab, terdapat tujuh partai politik yang memiliki elektabilitas di atas 4 persen sebagai syarat lolos ambang batas parlemen.

Direktur Riset Charta Politika Muslimin menyebut, tujuh partai politik yang berpeluang lolos parlemen yakni PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, Nasdem, dan PKS.

BACA JUGA: Peringkat Elektabilitas Parpol Berdasar Survei Indikator Politik

"Tujuh partai ini, bisa dikatakan lolos untuk ke DPR," kata dia di Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Hasil survei Charta Politika menunjukkan, PDIP memiliki elektabilitas tertinggi dengan 25,3 persen. Partai Gerindra menguntit di posisi kedua dengan 16,2 persen. Partai Golkar berada di posisi ketiga dengan 11,3 persen.

BACA JUGA: BPN Prabowo – Sandi Nilai Hasil Survei Charta Politika Hiburan untuk Jokowi

BACA JUGA: Peringkat Elektabilitas Parpol Berdasar Survei Indikator Politik

BACA JUGA: Charta Politika Sebut Jokowi Menang di Jakarta, Survei Internal BPN Bilang Begini

Bendera parpol peserta pemilu 2019. Foto: Ricardo/JPNN.com

Berturut-turut berada di posisi empat sampai ketujuh yakni PKB (8,5 persen), Demokrat (5,2 persen), Nasdem (5,2 persen), dan PKS (5 persen).

Selanjutnya partai dengan elektabilitas di bawah empat persen yakni PAN (3,3 persen), PPP (2,4 persen), PSI (2,2 persen), dan Perindo (2 persen). PSI dan Perindo merupakan partai baru, yang pertama kali akan ikut pemilu.

Menurut Muslimin, elektabilitas empat partai ini di bawah ambang batas parlemen. Namun, keempat partai ini masih berpeluang lolos.

Di sisi lain, kata dia, terdapat lima parpol yang dinilai sulit untuk lolos ke parlemen. Kelima partai tersebut yakni Partai Hanura (1,0 persen), PBB (0,5 persen), PKPI (0,2 persen), Partai Garuda (0,2 persen), Partai Berkarya (0,1 persen).

"Elektabilitas kelima parpol tidak mencapai 4 persen meski sudah ditambah margin of error 2,19 persen. Secara teknis sulit bagi kelima parpol untuk lolos ambang batas," pungkas dia.

Survei nasional Charta Politika dilakukan pada 19-25 Maret 2019 dengan melibatkan 2000 responden yang tersebar di 34 Provinsi.

BACA JUGA: Data Indikator Politik: Elektabilitas Prabowo – Sandi Naik Tajam, Mampukah Mengejar?

Sampel ditarik secara multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,19 persen. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen. (mg10/jpnn)

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Maruf Amin Senang Dianggap Lebih Terkenal dari Sandiaga


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler