Survei: Elektabilitas PDIP Tertinggi, PPP dan Perindo Berpotensi Lolos Parlemen

Sabtu, 07 Oktober 2023 – 17:13 WIB
Ilustrasi elektabilitas PDIP menurut survei Poltracking. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan temuan teranyar Poltracking Indonesia, berjudul Kekuatan Politik Elektoral Menuju Pendaftaran Capres-Cawapres 2024.

PDIP memperoleh elektabilitas sebesar 24,4 persen atau jauh mengungguli angka keterpilihan terhadap Gerindra yang berada di posisi kedua.

BACA JUGA: PDIP: Gen Z Telah Melihat Rekam Jejak Ganjar Pranowo

"PDIP praktis masih memimpin, ya, di angka 24,4 persen," kata Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi saat memaparkan temuan teranyar pihaknya, Sabtu (7/10).

Gerindra mendapatkan elektabilitas 16,7 persen, sedangkan Golkar yang berada di posisi kedua memperoleh 10,1 persen.

BACA JUGA: Survei LSI: Prabowo Unggul di Basis PKB, Gerindra, Golkar, PAN dan Demokrat

"Nah, ada Gerindra yang cukup kuat juga 16,7 persen, Golkar 10,1 persen," kata Arya.

Berturut-turut setelah Golkar, elektabilitas partai posisi keempat sampai kedelapan ditempati oleh PKB (9,3 persen), NasDem (9,1 persen), Demokrat (6,9 persen), Partai Keadilan Sejahtera atau PKS (5,3 persen), dan PAN (4,3 persen).

BACA JUGA: Ganjar Terbukti Dekat dengan Kiai, PPP Targetkan 2/3 Suara Nahdiyin

Sementara itu, lanjut Arya, posisi kesembilan dan kesepuluh ditempati oleh PPP dengan 3,3 persen dan Perindo sebesar 2,0 persen.

Dia mengatakan sepuluh partai itu yang berpotensi besar lolos ke parlemen menurut temuan survei teranyar Poltracking Indonesia.

Sebab, kata dia, Poltracking Indonesia memperhitungkan angka toleransi kesalahan atau margin of error dalam survei sampai sosok caleg yang membuat 10 partai berpotensi lolos ke parlemen.

"Nah, dicek pakai margin of error, bisa jadi partai ini yang dapat di atas 4,0 persen," katanya.

Poltracking Indonesia melakukan survei pada 3-9 September 2023 dengan melibatkan 1.220 responden yang sudah memiliki hak pilih.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung kepada responden terpilih dengan metode sampel menggunakan stratified multistage random sampling. 

Poltracking Indonesia menaruh toleransi kesalahan atau margin of error untuk survei kali ini sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemuda Perindo Gandeng UMKM Sahabat Sandi Untuk Gelar Pelatihan Hidroponik


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler