Survei Ganjar - Mahfud Ungguli Prabowo-Gibran setelah MKMK Mencopot Anwar Usman

Jumat, 17 November 2023 – 09:52 WIB
Capres RI Ganjar Pranowo dan Cawapres RI Mahfud MD atau Ganjar - Mahfud. Foto/Arsip: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas pasangan Capres-Cawapres RI Ganjar Pranowo dan Mahfud MD unggul dibanding dua rivalnya di Pilpres 2024, setelah adanya putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

Dua pasangan calon (Paslon) lainnya ialah Prabowo Subianto - Giran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar.

BACA JUGA: Menurut TPN, Wajar Elektabilitas Ganjar-Mahfud Naik, Publik Ingin Demokrasi

Keunggulan elektabilitas Ganjar - Mahfud terekam dalam survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI).

Elektabilitas Ganjar-Mahfud tercatat 38,75 persen, Prabowo-Gibran 34,25 persen, dan Anies-Muhaimin 24,00 persen.

BACA JUGA: Belum Ada Investor Asing Masuk IKN, Jokowi: Lihat Saja Nanti

"(Responden) yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab adalah 3,00 persen," kata Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (16/11).

Menurut Ali, survei LPI juga memotret tanggapan publik terhadap putusan MKMK yang mencopot Anwar Usman dari jabatan ketua MK.

BACA JUGA: Saksi Ungkap Makelar Proyek di Kemenhub, Ipar Jokowi hingga Sudewo Disebut

MKMK memvonis Anwar melakukan pelanggaran kode etik berat, terkait putusan kontroversial MK tentang batas usia pencalonan calon presiden dan calon wakil presiden.

Nah, dari survei LPI, 28,50 persen responden mengatakan sangat puas dengan putusan MKMK dan 15,25 persen puas sehingga totalnya 43,75 persen.

Sisanya, 25,35 persen responden mengaku kurang puas dan 29,55 persen mengaku tidak puas, dengan total 54,9 persen, sedangkan 1,35 persen mengaku tidak tahu dan tidak menjawab.

Survei nasional LPI diselenggarakan pada 9-13 November 2023 menggunakan metode multistage random sampling.

Jumlah sampel 1.300 responden dari 18 Provinsi di Indonesia, dengan margin of error lebih kurang 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

KPU pada Selasa, 14 November 2023 lalu menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden atau Pilpres 2024.

Ketiga paslon ialah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.(Antara/JPNN.com)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Auditor BPK Riau Akui Terima Suap dari Bupati Meranti, Ada Peran Seorang Wanita


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler