Survei LPMM: Gen Z & Milenial Mayoritas Pilih Rudy Mas'ud-Seno Aji di Pilkada Kaltim

Sabtu, 14 September 2024 – 11:26 WIB
Survei LPMM menunjukkan pemilih dari Gen Z dan milenial mayoritas akan memilih Rudy Mas'ud-Seno Aji di Pilkada Kaltim 2024. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, SAMARINDA -
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur ( Pilgub Kaltim) 2024 semakin mendekat.

Peta politik di Kaltim menunjukkan dua generasi kunci, yaitu milenial dan Gen Z akan menjadi faktor penentu dalam hasil pemungutan suara pada Pilkada 2024.

BACA JUGA: Survei Terbaru PSI: Rudi Masud-Seno Aji Berpeluang Menang Telak di Pilgub Kaltim

Dari hasil riset awal Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) terungkap fakta mengejutkan bahwa suara pemilih dari dua generasi ini sangat dominan.

Pemilih dari generasi Z dan milenial mencapai sekitar 61 persen dari total pemilih di Kaltim, menjadikan mereka bukan hanya sekadar penentu, tetapi game changer dalam Pilgub Kaltim kali ini.

BACA JUGA: Ini Hasil Survei TBRC: Isran Noor-Hadi Mulyadi vs Rudy Masud-Seno Aji di Pilgub Kaltim

Survei yang sangat komprehensif ini melibatkan 1.500 responden, terdiri dari 600 responden Gen Z dan 900 responden milenial, tersebar secara proporsional di seluruh wilayah Kaltim.

Penarikan sampel dilakukan menggunakan metode cluster sampling dalam rentang waktu 2-12 September 2024, dengan margin of error sebesar ±2,53 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA: Survei Pilgub Kaltim: Rudy Masud-Seno Aji Unggul Signifikan dari Petahana Isran-Hadi

Sementara data dikumpulkan melalui wawancara tatap muka dan pengisian kuesioner, menghasilkan salah satu survei politik paling terpercaya dan kredibel dalam Pilgub 2024.

"Hasil survei mengungkapkan temuan penting: pasangan calon Rudy Mas'ud - Seno Aji mendominasi perolehan suara di kalangan Gen Z dan milenial," kata Direktur Eksekutive LPMM Alamsyah Wijaya dalam keterangannya, Sabtu (14/9).

Tepatnya, lanjut Alamsyah, sebanyak 60,4 persen Gen Z memilih Rudy Mas'ud - Seno Aji.

Dari kalangan milenial, dukungan ini bahkan mencapai 62,7 persen.

Sebagai perbandingan, pasangan Isran Noor - Hadi Mulyadi hanya mendapatkan 30,1 persen dari Gen Z, dan 29,6 persen dari milenial.

"Sebuah selisih yang menunjukkan betapa kuatnya daya tarik Rudy Mas'ud - Seno Aji di mata generasi muda," ujar Alamsyah.

Dikatakan, Rudy Mas'ud - Seno Aji mendapatkan dukungan mayoritas dari kedua generasi tersebut berkat visi yang dianggap inovatif dan relevan.

Pengalaman Rudy Mas'ud sebagai pengusaha sukses dan politikus muda dari kalangan milenial, serta Seno Aji yang merupakan figur berpengalaman dari generasi X menjadikan pasangan ini dipandang mampu membawa perubahan besar.

Terutama dalam sektor industri kreatif, pengembangan UMKM, serta bisnis startup—faktor-faktor yang sangat resonan dengan kebutuhan generasi muda yang dinamis.

“Generasi muda, terutama Gen Z, memiliki ketertarikan kuat terhadap program-program inovatif yang menyasar sektor kreatif dan UMKM. Pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji berhasil secara strategis memanfaatkan aspirasi ini, hingga berhasil menarik dukungan besar,” ungkap Alamsyah.

Lebih dari sekadar pilihan politik, lanjutnya, survei ini menunjukkan adanya gelombang perubahan besar yang sedang digerakkan oleh generasi muda.

Dalam temuan lain, survei mengungkap sebanyak 88,7 persen responden Gen Z, yang didominasi oleh pemilih pemula memiliki harapan yang sangat tinggi terhadap calon pemimpin Kaltim.

Mereka menginginkan pemimpin yang netral, pro-rakyat, dan mampu menciptakan terobosan baru yang berdampak langsung bagi generasi muda.
Hasil survei juga menunjukkan generasi milenial yang cenderung lebih pragmatis dan skeptis tetap memberikan dukungan besar pada Rudy Mas'ud-Seno Aji.

"Dengan alasan bahwa mereka melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam terhadap rekam jejak kandidat dan dampak Pilkada sebelumnya terhadap Kaltim," kata Alamsyah.

Ada yang menarik, imbuh Alamsyah, survei juga menemukan 66,4 persen responden milenial dan 62,7 persen responden Gen Z sudah mantap dengan pilihan mereka, meskipun sebagian kecil masih terbuka untuk berubah.

Ini menunjukkan mayoritas pemilih muda sudah memiliki preferensi politik yang kuat dan keyakinan terhadap calon yang mereka anggap mampu membawa perubahan nyata.

Alamsyah menambahkan kesimpulan hasil survei LPMM memberikan gambaran bahwa Gen Z dan milenial bukan sekadar pemilih pasif, melainkan penggerak utama yang akan menentukan hasil Pilgub Kaltim 2024.

"Dengan kontribusi suara yang mencapai 61 persen dari total pemilih, kedua generasi ini memiliki potensi luar biasa untuk mengubah lanskap politik Kaltim," tegas Alamsyah.

Dikatakan, pasangan calon yang mampu secara tepat merangkul aspirasi kedua generasi ini memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilgub.

Fakta pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji berhasil meraup dukungan mayoritas dari Gen Z dan milenial adalah sinyal kuat bahwa mereka adalah kandidat yang paling siap mengantarkan Kaltim menuju era baru.

Lebih dari itu, dengan populasi Kaltim yang didominasi oleh generasi muda, yakni sekitar 61 persen, keberhasilan pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji dapat membuka jalan bagi transformasi besar yang akan membentuk masa depan Kaltim dalam 20 tahun ke depan.

Karena itu, menurut Alamsyah, harapan besar tertuju pada mereka untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, menjaga kelestarian lingkungan, serta memaksimalkan potensi bonus demografi demi kemajuan Kaltim sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selain itu, pasangan ini dinilai lebih mampu memimpin Kaltim menuju visi 'Indonesia Emas 2045' dengan daya saing global, dibandingkan dengan Isran Noor-Hadi Mulyadi.

"Mereka dipandang sebagai figur yang memahami pembangunan yang telah diletakkan oleh generasi sebelumnya, sekaligus siap membawa Kaltim maju dengan inovasi, keadilan, dan pembangunan berkelanjutan," pungkas Alamsyah. (mrk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler