Survei LSI: Airlangga Capres Alternatif Terkuat di Pilpres 2024

Rabu, 14 Juni 2023 – 14:21 WIB
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto jadi capres alternatif terkuat di Pilpres 2024 berdasarkan survei Laboratorium Suara Indonesia (LSI).

LSI menggelar penelitian survei dengan dengan tema pemetaan kondisi sosial, politik, ekonomi menjelang pemilu, mengukur preferensi pemilih terhadap figur calon presiden dan partai politik, serta mengukur evaluasi publik terhadap keadaan ekonomi dan kinerja pemerintah (approval rating).

BACA JUGA: Pakar Nilai Airlangga Lebih Sreg Jadi Cawapres Prabowo, Bukan Ganjar

Direktur Eksekutif LSI Albertus Dino S. Phil mengatakan metodelogi populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah dewasa, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Sedangkan sampel dalam survei LSI ini dilakukan dengan mengunakan jumlah sample sebanyak 2200 sample dan sample yang bisa, terverifikasi sebanyak 2080 sample.

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas SDM, Menko Airlangga Lepas Peserta Program Magang ke Hungaria

Penarikan sample mengunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,15 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen responden terpilih diambil Dari 710 desa/kelurahan yang tersebar di 388 kabupaten/kota di 34 provinsi.

"Hasilnya, nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto disetujui oleh sebanyak 46,3 persen respoden sebagai tokoh bakal capres yang rekam jejak kinerja, program-program dan kebijakannya telah memberikan pengaruh yang positif pada kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat. Kemudian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disetujui oleh 22,4 persen, Prabowo Subianto 21,2 persen, Anies Baswedan 10,1 persen," katanya.

BACA JUGA: Siswi SMA Itu Dibunuh Pacar, Motif Pelaku Tak Disangka

Menurutnya, jika melihat hasil survei LSI, masyarakat menilai bahwa program yang dilakukan Airlangga telah menunjukkan kinerjanya yang sangat baik sebagai menteri perekonomian dan membawa perubahan kepada ekonomi Keluarga  meskipun belum normal atau stabil.

"Telah ada peran Menko Perekonomian dalam membantu penangan ekonomi di tengah Covid-19 yang diapresiasi masyarakat," ucapnya.

Jika melihat peluang Airlangga sebagai capres, ketum Golkar itu memiliki peluang besar menang di Pemilu 2024 sebagai tokoh alternatif capres 2024 di tengah hiruk pikuk di medsos saling serang antara pendukung Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan yang membuat mayoritas masyarakat jenuh.

"Peluang Airlangga jadi capres 2024 sangat besar meskipun harus bersaing dengan tokoh nasional seperti Prabowo, Ganjar, Anies dan lainnya," kata dia.

Bukan hanya itu, Airlangga menjadi sosok yang kuat di tengah masyarakat meskipun dia telah mendapatkan hati kalangan masyarakat sebagai tokoh yang tidak ambisius menjadi presiden.

"Serta tokoh yang sibuk kerja untuk memulihkan perekonomian masyarakat akibat dampak Covid-19," katanya.

Sementara itu, pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto menilai bahwa hasil survei LSI telah menunjukkan bahwa masyarakat ingin pemimpin yang dapat merubah keadaan ekonomi jauh lebih baik lagi.

Meskipun adanya muncul capres yang dianggap dapat meneruskan kinerja Jokowi di tahun depan, namun elektabilitas mereka belum bisa membuktikan kinerja secara nyata.

Maka saat ini sosok yang tepat dan kuat didukung masyarakat ialah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang mampu meneruskan pemerintahan Jokowi.

"Survei LSI bukti bahwa masyarakat ingin adanya pemimpin yang mampu melanjutkan pemerintahan Jokowi, meskipun saat ini adanya tokoh Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, tetapi Airlangga Hartarto sosok yang tepat untuk menggantikan Jokowi dan menjadi presiden 2024," kata Bambang, Rabu (14/6).

Selain itu, kata Bambang, ketua Umum Golkar itu didukung masyarakat karena kerja nyata dan tidak memiliki kepentingan apa pun serta lebih memilih bekerja untuk masyarakat.

Tidak hanya itu, Airlangga juga tak pernah menyudutkan tokoh yang maju sebagai capres.

"Saya lebih melihat ketum Golkar itu bekerja untuk masyarakat ketimbang mementingkan urusan politiknya. Selain itu, nilai positif Airlangga lainnya adalah sebagai tokoh atau capres yang tidak menyudut tokoh lainnya," ujar Bambang.

Bambang menyebutkan kemampuan Airlangga dalam menjalankan perekonomian di pemerintahan Jokowi telah terbukti dengan kinerjanya sebagai Menko Perekonomian di saat memulihkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 tahun lalu.

"Airlangga Hartarto sebagai sosok yang mampu memulihkan keadaan ekonomi ditengah pandemi Covid-19, membantu Jokowi untuk stabilkan ekonomi Indonesia, patut masyarakat lebih memilih Airlangga Hartarto ketimbang tokoh lainnya," ucapnya.

Menurut dia, peluang menang Airlangga sebagai capres alternatif saat ini menjadi presiden di Pemilu 2024 dapat dipastikan akan terwujud jika Menko Perekonomian itu fokus bekerja untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sebab, sambungnya, capres mendatang harus mampu mengurus ekonomi.

"Peluang Airlangga sebagai capres alternatif untuk menang di Pilpres 2024 sangat kuat, asalkan beliau fokus bekerja untuk tingkatkan perekonomian masyarakat, karena capres seperti Airlangga dipastikan mampu mengurus ekonomi Indonesia ke depannya," katanya. (rhs/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nafsu Terapis SPA Melihat Anak Perempuan WN Australia Tak Bisa Dibendung


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler