Survei LSN: Elektabilitas Prabowo Subianto di Jatim Menguat

Minggu, 15 Januari 2023 – 13:01 WIB
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Nasional (LSN) mencatat elektabilitas Prabowo Subianto di Jawa Timur (Jatim) menguat.

Peneliti senior LSN Gema Nusantara Bakry menyebut Jatim tetap akan menjadi medan pertempuran (battleground) paling keras dari para capres seperti dua pilpres sebelumnya.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo Subianto di Jabar Tak Tergoyahkan

Pada Pilpres 2024, pertarungan sengit itu diprediksi akan terjadi antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Menurut Gema, pada semua pemilihan presiden sebelumnya, capres yang bisa menguasai Jawa Timur selalu memenangkan pilpres.

BACA JUGA: Instruksi Sekjen Gerindra: Terus Berjuang sampai Prabowo Jadi Presiden

"Jawa Timur selain menjadi battleground paling sengit juga akan menjadi daerah penentu kemenangan seorang capres," ujar Gema dalam rilis survei LSN sebagai siaran pers, Sabtu (14/1).

Dari hasil survei LSN terbaru, jika Pilpres hanya diikuti tiga capres maka Prabowo dan Ganjar bersaing ketat menjadi pemenang.

BACA JUGA: NasDem Belum Usulkan Pendamping Anies Baswedan ke Tim Kecil

Tercatat, 42,1 persen responden mengaku akan memilih Prabowo, sementara 41,9 persen memilih Ganjar. Lalu, 13,5 persen menjatuhkan pilihan kepada Anies Baswedan. Ada 2,3 persen sisanya belum memiliki pilihan (undecided).

Hasil survei LSN menggambarkan Ganjar unggul atas Prabowo dan Anies di daerah-daerah Mataraman atau beberapa kabupaten/kota di bagian barat Provinsi Jatim, sedangkan Prabowo mendominasi di Madura dan daerah-daerah tapal kuda.

"Jika koalisi Partai Gerindra dan PKB terus berlanjut dan Prabowo didampingi calon wakil presiden yang disukai nahdiyin, bukan tidak mungkin untuk pertama kalinya Prabowo akan menang di Jawa Timur sekaligus menang secara nasional," ujar Gema.

Dia menjelaskan isu bakal majunya pasangan Prabowo-Khofifah yang sempat beredar belum lama ini cukup mendongkrak elektabilitas Prabowo di Jatim.

Artinya, kata Gema, Khofifah effect terlihat masih cukup kuat di Jatim dan itu dapat menjadi faktor penentu capres mana yang akan unggul di provinsi paling timur Pulau Jawa itu.

Selain faktor Khofifah effect, Gema menyebut kehadiran Prabowo dalam acara Sinau Bareng Mbah Nun dan Kiai Kanjeng beberapa waktu lalu terlibat berdampak positif pada elektabilitas Prabowo di Jatim.

"Pengaruh Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) di kalangan kaum muda nahdiyin yang cukup besar dapat dikapitalisasi dengan positif oleh Prabowo untuk mengangkat tingkat keterpilihannya di Jawa Timur," ucap Gema.(fat/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... KIB dan PDIP Akan Berkoalisi jika Usung Paket Ganjar-Airlangga


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler