Survei Poltracking Indonesia: Elektabilitas Cabup Bogor Jaro Ade Tertinggi

Selasa, 23 Juli 2024 – 11:54 WIB
Calon Bupati Bogor Ade Ruhandi atau karib disapa Jaro Ade. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Calon Bupati Bogor Ade Ruhandi atau karib disapa Jaro Ade kembali membuktikan keunggulannya dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Bogor 2024.

Program Director Poltracking Indonesia, Masduri Amrawi mengatakan Jaro Ade jauh meninggalkan para rivalnya.

BACA JUGA: Elektabilitas Calon Bupati Bogor Ade Ruhandi Makin Meroket, Nih Buktinya

"Hasil survei yang kami lakukan, popularitas dan elektabilitas Bapak Jaro Ade jauh meninggalkan lawannya,” ujar Masduri Amrawi, dalam keterangannya, Selasa (23/7).

Dari hasil survei yang dilakukan Poltracking mulai dari 7 sampai 15 Juli 2024, angka elektabilitas dan popularitas Jaro Ade meunjukkan hasil yang cukup siginifikan.

BACA JUGA: Kemenangan Prabowo-Gibran di Kabupaten Bogor Jadi Bekal Jaro Ade di Pilbup 2024

Poltracking mensimulasikan empat nama calon bupati Bogor jika bertarung dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Bogor 2024.

Jaro Ade mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan jumlah 49.0%, disusul Elly Rachmat Yasin mendapatkan 26.6%.

BACA JUGA: Golkar, PAN, dan Demokrat Siap Menangkan Jaro Ade Jadi Bupati Bogor

"Di urutan ketiga ada Iwan Setiawan dengan nilai 19.8%. Lalu, ada rivalnya yang juga dari partai Gerindra, yakni Rudy Susmanto dengan jumlah 2.3%,” ujar Masduri.

Poltracking juga mensimulasikan jika keempat calon tersebut bertarung dalam perebutan kursi nomor satu di Kabupaten Bogor. Hasilnya pun Jaro Ade tetap jauh lebih unggul.

Kemudian, Poltracking Indonesia mendemosntrasikan jika Jaro Ade, Iwan Setiawan, dan Rudy Susmanto maju dalam Pilkada Kabupaten Bogor.

Hasil survei yang dilakukan Poltracking Indonesia, persentasinya Jaro Ade mendapatkan nilai 55,3%, Iwan Setiaan 22,3%, dan Rudy Susmanto 3,3%.

"Sedangkan jika pilkada diikuti Jaro Ade, Elly Rachmat Yasin dan Iwan Setiawan, angka persentasinya yakni, Jaro Ade 49.5%, disusul Elly Rachmat Yasin 27,2% dan Iwan Setiawan 20,1%,” paparnya.

Masduri mengingatkan para kandidat untuk terus meningkatkan popularitas dan elektabilitas dalam waktu kurang lebih empat bulan menuju pencoblosan.

Dia juga berpesan agar tim dan sukarelawan Jaro Ade, tidak jumawa dengan perolihan angka persentase yang tinggi. Terus lakukan sosialisasi baik secara langsung turun ke masarakat maupun lewat media dan media sosial.

Sementara itu, untuk Rudy Susmanto, lanjut Masduri, harus lebih ekstra dan masif lagi tim dan sukarelawannya, mengingat perolehan angka persentasenya sangat jauh di bawah. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler