Survei SMRC: Dukungan Untuk Ganjar Pranowo Kembali Pulih

Sabtu, 15 April 2023 – 21:01 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ilustrasi : Humas Pemprov Jateng/ANTARA/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil jajak pendapat terbaru terhadap elektabilitas sejumlah tokoh politik jelang Pilpres 2024.

Dari survei yang dirilis Sabtu (15/4) itu diketahui elektabilitas Ganjar Pranowo kembali naik setelah merosot gegara Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

BACA JUGA: Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Kembali Melesat, Disusul Prabowo

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan dalam survei itu mereka menyodorkan enam nama kepada para responden atau secara tertutup.

Hasilnya, Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dengan suara 26,8 persen. Gubernur Jawa Tengah itu mengungguli Prabowo Subianto yang mendapat dukungan 25,4 persen.

BACA JUGA: Kowarteg Dukung Ganjar Adakan Cek Kesehatan Gratis bagi Warga di Mojokerto

Sementara posisi ketiga ada Anies Baswedan dengan suara 16,7 persen. Lalu pada posisi ketiga ada Ridwan Kamil dengan dukungan sebesar 13,8 persen.

Selanjutnya Mahfud MD dengan dukungan 4,1 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen. Lalu sisanya 11,1 persen memilih tidak menjawab atau tidak tahu.

BACA JUGA: Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Ciptakan Rumah Produksi Keripik Kelapa

Kemudian, dalam simulasi survei top of mind, Ganjar Pranowo masih berada di posisi teratas dengan suara 16,5 persen.

Perolehan suara Ganjar itu cukup dekat dengan Prabowo Subianto, 16,3 persen.

Urutan selanjutnya ditempati Anies Baswedan 9,8 persen, Joko Widodo 9,2 persen, Ridwan Kamil 1,6 persen, dan nama-nama lain di bawah 1 persen. Dalam format ini, masih ada 42,2 persen yang belum menjawab.

Menurut Deni, ada peningkatan suara Ganjar dari 13 persen di minggu pertama April 2023 menjadi 16,5 persen di minggu kedua April 2023.

Sementara Prabowo mengalami pelemahan dari 18,3 persen menjadi 16,3 persen di periode yang sama. Kemudian dukungan Anies Baswedan relatif stagnan, bergerak dari 10,7 persen menjadi 9,8 persen.

SMRC juga melakukan survei dengan format semi terbuka dengan daftar 30 nama dengan kesempatan bagi responden untuk menyebut nama lain di luar daftar tersebut.

Hasilnya, dukungan pada Ganjar makin besar menjadi 24,3 persen, Prabowo 22,5 persen, Anies 15 persen, Ridwan Kamil 6,8 persen, Erick Thohir 2,8 persen, Mahfud MD 2,8 persen, Sandiaga Uno 2,3 persen, dan nama-nama lain di bawah 2 persen. Sementara masih ada 14,6 persen yang belum menjawab.

“Secara keseluruhan, suara Ganjar yang sempat turun mulai kembali menguat. Dukungan publik pada Ganjar mulai pulih,” ujar Deni dalam siaran persnya.

Target populasi survei SMRC itu adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon seluler, sekitar 79 persen dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.216 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Survei terakhir dilakukan pada 11-14 April 2023. (cuy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wujudkan Satu Data Indonesia, Ganjar-Kemenkeu Jalin MoU di Sektor Pajak


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler