Survei Terbaru: Djarot-Sihar Paling Jujur, Eddy-Musa Tegas

Rabu, 20 Juni 2018 – 23:09 WIB
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Foto: Fathra N Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Survei terbaru Indo Barometer menanyakan alasan para responden memilih kedua pasangan calon gubernur yang saat ini bertarung di Pemilihan Gubernur Sumatera Utara.

Hasil survei menunjukkan pasangan Djarot-Sihar dipersepsikan paling unggul pada aspek kejujuran atau bersih dari praktik korupsi. Tercatat ada 42,3 persen responden menyatakan pasangan Djarot-Sihar adalah pasangan paling jujur dan bersih dari praktik korupsi, sementara itu Eddy-Musa hanya 37,8 persen.

BACA JUGA: Survei Terbaru Indo Barometer terkait Pilgub Sumut, Wouw!

"Djarot-Sihar juga dipersepsikan unggul pada aspek sosok yang pintar/intelektual (43,4 persen), sementara Eddy-Musa hanya 39,1 persen," ucap Direktur Lembaga Survei Indo Barometer M Qodari, saat merilis hasil survei di Jakarta, Rabu (20/6).

Menurut Qodari, Djarot-Sihar juga dipersepsikan unggul pada aspek kepribadian 'perhatian/dekat dengan rakyat (42,5 persen), sementara Eddy-Musa (38,8 persen).

BACA JUGA: Federasi Serikat Buruh Mendukung Pasangan HADIST

Demikian juga dari aspek pengalaman, pasangan Djarot-Sihar dinilai lebih unggul (48,1), sementara Eddy-Musa hanya 34,4 persen.

Sementara itu, pasangan Eddy Rahmayadi-Musa Rajekshah dipersepsikan unggul pada aspek paling mampu memimpin, berwibawa sebagai pemimpin dan paling tegas.

BACA JUGA: Debat Pilgub Sumut: Trimedya Curiga Djarot-Sihar Disabotase

Sebanyak 42,1 persen responden menganggap Eddy-Musa sebagai pasangan paling mampu memimpin, sementara pasangan Djarot-Sihar hanya 41 persen. Kemudian, berwibawa, Eddy-Musa 45,9 persen, sedangkan Djarot-Sihar 37,1 persen.

“Paling tegas Eddy-Musa (48,3 persen), Djarot-Sihar (33,5 persen),” ujar Qodari.

Untuk diketahui, survei Indo Barometer dilakukan pada 26 Mei sampai 2 Juni lalu dengan jumlah responden sebanyak 800 orang tersebar di 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara. Margin of error lebih kurang 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling. Sementara teknik pengumpulan data lewat wawancara tatap muka responden dengan menggunakan kuisioner.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ulama Asal Bogor Barat Dukung Paslon Ade Yasin-Iwan Setiawan


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler