Susno Duadji Bakal Dikawal MER-C

Cegah Pembunuhan dengan Racun Makanan

Senin, 22 Maret 2010 – 02:43 WIB
Susno Duadji. Foto : Dokumen JPNN
JAKARTA - Manuver mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji menuai dukunganSejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) Islam mulai mendukung jenderal bintang tiga nonjob itu

BACA JUGA: Susno Ancam Terus Bongkar Kasus

Mereka, antara lain, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Forum Umat Islam (FUI), dan Ada Api (Aliansi Damai Anti Penistaan Islam).

"Pak Susno ini sedang berupaya membongkar skandal besar
Akibatnya, dia mulai menerima banyak ancaman yang bisa membahayakan nyawanya," kata Presidium MER-C Joserizal Jurnalis di Kantor MER-C di Kramat Lontar, Jakarta Pusat, Minggu (21/3).

Karena itu, kata Joserizal, tenaga medis di MER-C bakal mengawal Susno selama 24 jam

BACA JUGA: Serangan Jantung, Burnap Tutup Usia

Itu untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan mantan Kapolda Jawa Barat itu tidak terganggu, baik secara fisik maupun psikis.

Menurut Joserizal, posisi Susno saat ini seperti Munir, aktivis Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) yang diracun di pesawat dalam perjalanan ke Belanda
Saat itu, kata Joserizal, Munir menyimpan banyak informasi tentang dosa-dosa pejabat publik

BACA JUGA: Mantan Dirut PLN jadi Tersangka di KPK

Karena itu, dia harus "dimatikan" agar informasi itu tidak terekspose.

Dokter berdarah Minang itu menambahkan, porsi pengawalan untuk Susno bakal seperti yang dilakukan MER-C kepada Abu Bakar Ba'asyir di Lapas Cipinang pada 2006 silamSemua makanan dan obat-obatan yang disodorkan kepada Susno akan diperiksa

"Pemimpin-pemimpin perjuangan Palestina biasanya diracun dan dibunuh melalui obat-obatan yang mereka makan saat dalam tahananItu bisa saja terjadi pada Pak Susno," kata dokter ahli bedah tulang yang pernah menjadi relawan medis di Iraq, Palestina, dan Afghanistan itu.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Ada Api Idris HadyDia mengaku berkali-kali menerima pesan singkat (SMS) langsung dari Susno"Pak Susno menyatakan bahwa posisi dia saat ini dalam bahayaNyawa dia terancam," katanya.

Pernah Idris menelepon Susno saat berada di PalembangSusno hanya memberikan waktu singkat untuk berbicara"Saya sedang dalam tempat persembunyianSegera akhiri kontak teleponNanti saya ketahuan," kata Idris menirukan SusnoSejak saat itu mereka hanya saling berkontak melalui pesan singkat.

Hal senada diungkapkan Ketua Kaderisasi FUI MursalimMenurut dia, pembelaan terhadap Susno sama seperti perjuangan membela kebenaranSebab, mantan wakil kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) itu adalah kunci membongkar skandal kasus besar di Indonesia"Kami siap mengawal Pak Susno," tegasnya. (aga/c2/iro)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Susno Mengaku Siap Pimpin KPK


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler