Susno Duadji juga Mulai Tebar Pesona

Senin, 17 April 2017 – 00:15 WIB
Baliho para kandidat calon Gubernur Sumatera Selatan 2018-2023 mulai bertebaran di kota Palembang seperti yang terpasang di kawasan 8 Ulu Palembang (15/4). Foto.Budiman/Sumatera Ekspres/JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Para kandidat calon gubernur Sumatera Selatan mulai terang-terangan tebar pesona. Mereka kian gencar sosialisasi, mengenalkan diri ke publik lewat baliho, banner, atau billboard. Seperti apa?
------------
“Sumsel Berdaya, Berbudaya. Payo Kito, Palembang mulai B'Grak”. Kalimat itu, menghiasi baliho bergambar HM Giri Ramanda N Kiemas, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel yang dipajang di berbagai sudut kota di metropolis Palembang maupun kabupaten/kota lain di Sumatera Selatan.

Tertulis juga kalimat memperkenalkan diri persis di bawah fotonya, ”Balongub Sumsel periode 2018-2023.”

BACA JUGA: Tidak Banyak Bicara, Dianggap Layak jadi Cagub

Tak kalah semarak baliho yang dipajang Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki. Menyebar di kota Palembang maupun 17 kabupaten/kota lainnya. Ishak mengajak masyarakat Sumsel menyukseskan Asian Games 2018.

Di bawah foto dan namanya juga tertera sebagai balongub dengan moto “Peduli dan Beri Sosial”. Bahkan, pada sejumlah baliho terang-terangan menyebut,” Bakal Calon Gubernur Sumsel 2018-2013.

BACA JUGA: Hasil Survei LSI Sangat Mengejutkan

Mantan Bupati OKU Timur, Herman Deru juga gencar sosialisasi. Baliho sudah tersebar di seluruh daerah di Sumsel.

Meski sempat gagal di pilgub sebelumnya, Deru kembali memohon doa restu untuk Sumsel 1. Motonya, ”Sumsel Maju Bersama Herman Deru.”

BACA JUGA: Hasil Survei, Kandidat Cagub Jago Golkar Teratas

Menariknya lagi. Mantan Kabareskrim Susno Duadji terang-terangan pasang baliho. Motonya, Cerdas, Tegas, Merakyat. “Sumsel Sejahtera dan Berjaya”.

Bagaimana balongub lain yang juga digadang-gadang seperti Ketua Partai Gerindra Provinsi Sumsel, H Aswari Riva'i? Baliho atau billboardnya makin banyak. Tapi, Bupati Lahat ini masih mengenalkan sosoknya saja. Menginformasikan HUT Partai Gerindra ke-9, Gerindra untuk Rakyat.

Selain foto H Aswari, juga terpampang foto Ketua Umum Partai Gerindra, H Prabowo Subianto dan sejumlah kader.

Seberapa serius sih mereka? Herman Deru menegaskan tak ada keraguan lagi. Dia memastikan maju sebagai balongub Sumsel.

“Kalau saya sudah siap maju, lahir dan batin,” katanya lantang. Maka itu, segala persiapan bersama timnya sudah dimatangkan. “Mohon doa restunya.”

Deru mengklaim dia tak banyak sosialisasi lewat baliho. “Itu sifatnya hanya recalling atau mengenalkan kembali. Tak lupa, dia juga sedang komunikasi dengan partai politik. Untuk parpol nanti. Kita lihat bagaimana hasil survei,” cetusnya.

Ishak Mekki menyatakan sudah siap menuju Sumsel 1. Agar bisa menang Pilgub 2018, dia bersama partainya, Demokrat sosialisasi lewat berbagai media (seperti baliho) dan melakukan pendekatan kepada rakyat.

“Kita ingin kehadiran saya dan partai ini mampu memberikan solusi apa yang jadi kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Giri Ramandha menegaskan, dirinya masih menunggu restu dari ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri untuk bisa maju. "Saya kan ketua DPRD, jadi perlu restu DPP," tukasnya.

Soal sosialisasi, kata dia, itu inisiatif anggota DPRD dan pengurus PDIP. "Mereka sama-sama mendorong saya maju di Pilgub. Dan, mereka bekerja untuk mensosialisasikan saya."

H Aswari Riva'i SE mengaku, hasil survei internal partainya (Gerindra), grafik elektabilitas terus menanjak.

Sayang Aswari enggan menyebut angkanya. “Jangan bicara angka, yang penting terus berbuat untuk rakyat,” ujarnya, kemarin.

Tapi, pria yang juga mantap maju Pilgub 2018 ini mengklaim belum sosialisasi sebagai balongub. Baliho yang banyak terpasang di Sumsel itu bukan darinya, tetapi simpatisan dan pengurus Gerindra DPC hingga ranting yang sukarela memasang baliho.

“Kalau saya belum bergerak. Saya masih menjalankan amanah dari masyarakat Lahat,” terangnya.

Kalaupun dia mau maju, kata dia, karena dukungan kuat dari masyarakat dan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin. “Dukungan itu modal utama, karena jadi tolok ukur keberhasilan pilkada,” lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel, Ir H Syahrial Oesman MM mengaku juga memastikan maju Sumsel 1 dari partainya, Nasdem. Tapi dihubungi via WhatsApp, akhir pekan lalu, dia belum mau komentar lebih jauh soal pencalonan.

Selain nama-nama itu, Dodi Reza Alex, anak Gubernur Alex Noerdin yang kini terpilih menjadi Bupati Muba disebut-sebut bakal meramaikan Pilgub nanti. Namun, Dodi sendiri belum memberikan kepastian.

"No comment soal itu. Saya fokus di Musi Banyuasin dulu. Ini saja belum dilantik kok. Belum berfikir ke pilgub."

Belakangan muncul dua wajah baru yang dikabarkan bakal meramaikan Pilgub Sumsel 2018. Keduanya, HM Irwansyah Sofyan Rebuin yang kini menjabat Wako Pangkalpinang dan Hj Asmawati anggota DPD RI.

Irwansyah sendiri merupakan putra mantan Sekda Sumsel Sofyan Rebuin. Berdarah Empat Lawang Sumatera Selatan. Bendahara PDIP Bangka Belitung itu, tercatat sebagai walikota termuda se-Indonesia.

"Memang banyak warga Sumsel yang mendorong saya untuk maju. Terimakasih atas perhatian ini. Sekarang, saya fokus dulu menyelesaikan tugas sebagai Wako Pangkal Pinang. Mohon doanya saja ya," kata anggota dewan pengawas Apeksi ini kepada Sumatera Ekspres, kemarin.

Hj Asmawati membenarkan kalau dirinya mulai bersosialisasi. "Ya, saya kan anggota DPD. Wajar kalau menemui konstituen," kilahnya. Soal maju di Pilgub nanti, menurut istri Marzuki Alie ini, dia masih melihat perkembangan. "Kita lihat survei dulu," ujarnya. (bis/irw/kms/win/ion/fad/ce1)

 


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler