Sutarmidji Berharap Silabis ISMI Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Rabu, 23 November 2022 – 18:00 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (tengah), Gubernur Kalbar Sutarmidji (kanan) dan Ketua MPW ISMI Kalbar Sukiryanto serta Ketua MPP ISMI Ilham Akbar Habibie saat menghadiri Silabis ISMI ke-14 di Kota Pontianak, Kalbar, Rabu (23/11/2022). ANTARA/Andilala

jpnn.com - PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyampaikan harapannya terhadap Silaturahmi Bisnis Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (Silabis ISMI) Ke-14 yang digelar di Kota Pontianak, Kalbar, Rabu (23/11).

Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Kalbar itu berharap Silabis ISMI berdampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi daerah, terutama pada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

BACA JUGA: Gubernur Sutarmidji Berharap Lulusan Untan Membantu Mendongkrak IPM Kalbar

“Karena semangat ISMI memang untuk memajukan perekonomian melalui pertumbuhan UMKM yang ada di Indonesia,” kata Sutarmidji saat menghadiri Silabis ISMI Ke-14 di Kota Pontianak.

Silabis ISMI ke-14 itu dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

BACA JUGA: Wapres Angkat Suara Soal UMP Maksimal 10 Persen

Menurut Sutarmidji, Kalbar kaya sumber daya alam, seperti buah langsat, durian, jeruk yang hasilnya cukup baik dan berlimpah sehingga bisa dijadikan komoditas ekspor untuk meningkatkan perekonomian masyarakat atau para petani, serta pelaku UMKM.

“Tidak hanya di sektor perkebunan dan buah-buahan saja, karena Kalbar juga kaya akan sumber daya alam lainnya, seperti memiliki pantai terpanjang di Indonesia, yakni sepanjang 55 kilometer tanpa putus dan terpanjang kedua di dunia yang berada di perbatasan, yakni Kabupaten Sambas yang berbatasan dengan Malaysia," paparnya.

BACA JUGA: BIMP-EAGA 2022 Siap Digelar, Kalbar akan Menawarkan Sejumlah Potensi Daerah

Sutarmidji menambahkan meskipun pantainya cukup indah, tetapi belum mendapatkan perhatian sehingga bisa menjadi peluang investasi bagi investor dalam menggerakkan sektor pariwisata di Kalbar.

"Ke depan, sektor pariwisata memang bisa menjadi andalan di Kalbar dalam mendongkrak perekonomian masyarakat dan Indonesia secara umumnya," ungkap Sutarmidji.

Ketua MPW ISMI Kalbar Sukiryanto mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang membuka Silabis ISMI ke-14.

"ISMI merupakan kamar dagangnya ICMI, NU dan lainnya, sehingga merupakan kekuatan kita dalam memperkuat ekonomi dan UMKM, karena bisa membantu ekonomi masyarakat dan negara secara umumnya," katanya.

Dia menambahkan ada lima program utama ISMI Kalbar ke depannya, yakni berdirinya Pabrik Khatulistiwa Global Food di Jalan Budi Utomo Pontianak yang bergerak di bidang pengolahan buah-buahan, kemudian akan dibangun Hotel Amanda di Kabupaten Kubu Raya, perumahan subsidi bagi masyarakat, dan juga bergerak di bidang pengelolaan peternakan ikan.

"Setelah penyelenggaraan Silabis ISMI ke-14 ini, kami akan studi banding dengan pengusaha Sarawak dalam waktu dekat terkait apa yang bisa dikerjasamakan dengan Malaysia dalam memajukan UMKM di Kalbar dan Indonesia secara umumnya," kata Sukiryanto. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler