Suzuki Istirahat Dua Musim

Sabtu, 19 November 2011 – 12:21 WIB
TOKYO - Teka-teki masa depan Suzuki di MotoGP terjawabSalah satu pabrikan asal Jepang itu memilih untuk "istirahat" selama dua musim

BACA JUGA: Hadapi Vietnam, Saatnya Duet Tibo-Wanggai

Itu artinya, mereka tak akan mengikuti MotoGP musim 2012 dan baru akan masuk lagi ke kompetisi di musim 2014 mendatang.

Kepastian itu didapatkan kemarin, melalui rilis yang dilayangkan langsung oleh Suzuki
Alasan finansial menjadi yang paling utama sebagai penyebab keputusan tersebut

BACA JUGA: Kado Ultah Berupa Emas

Suzuki pun mengakhiri keterlibatan di balapan kelas premier selama 37 tahun terakhir.

"Suzuki Motor Corporation sudah memutuskan untuk menunda sementara partisipasinya di MotoGP pada musim balap 2012," demikian pernyataan Suzuki, yang dirilis kemarin (18/19) WIB.

"Dengan rencana akan kembali lagi ke MotoGP pada 2014, Suzuki akan memusatkan perhatian pada pengembangan mesin baru yang kompetitif," sambung pernyataan tersebut.

Suzuki terkesan tak siap menghadapi musim 2012 yang menjadi awal dari era mesin 1.000cc
Di saat para rival sudah mencoba dan mengembangkan motor 1.000cc, Suzuki belum menunjukkan pada publik pengembangannya untuk motor 1.000cc

BACA JUGA: Kelelahan Jadi Batu Sandungan

Mereka masih memakai motor GSV-R 800cc saat uji coba post season dua hari di Valencia, pekan lalu.

Suzuki pertama kali terjun ke grand prix balap motor dunia pada tahun 1974, dengan pembalap asal Inggris, Barry Sheene, dan meraih dua kali juara duniaPembalap Suzuki terakhir yang meraih juara dunia adalah di kelas 500cc dengan pembalap Kenny Roberts Jr.

Berita tentang mundurnya Suzuki dari MotoGP ini sudah terdengar beberapa hari sebelumnya dan laporan-laporan menyebutkan para staf tim MotoGP Rizla Suzuki sudah diberitahu lebih dulu sebelum pernyataan resmi diumumkan.

"Penundaan ini berkaitan dengan situasi yang berat yang disebabkan oleh resesi berkepanjangan di negara-negara berkembang, meningkatnya nilai mata uang Yen, dan bencana alam," tambah Suzuki.

Satu-satunya pembalap yang didukung Suzuki dalam musim ini, Alvaro Bautista, hanya mampu berada pada posisi 13Bautista sudah mengumumkan dia akan bergabung dengan Gresini Honda untuk musim 2012, menggantikan mendiang Marco Simoncelli, yang tewas dalam balapan di GP Sepang, Malaysia, 23 Oktober(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... City Paling Tajam, Newcastle Sedikit Kebobolan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler