Swiss Open 2021: Denmark Juara Umum, Malaysia Ukir Sejarah

Senin, 08 Maret 2021 – 08:06 WIB
Ganda putri Malaysia Pearly Tan (kiri) dan Thinaah Muralitharan. Foto: Badminton Photo/BWF

jpnn.com, BASEL - Denmark meraih dua gelar dari Swiss Open 2021.

Pada final di Basel, Minggu (7/3) malam WIB, dua wakilnya di nomor tunggal putra Viktor Axelsen dan ganda putra Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen menjadi yang terbaik.

BACA JUGA: Kabar Buruk dari Swiss Open 2021

Unggulan pertama Axelsen bermain agresif di babak final mengalahkan pebulu tangkis Thailand Kunlavut Vitidsarn dengan dua gim langsung 21-16, 21-6 dalam waktu 47 menit.

Kemenangan itu makin mempertegas dominasi Axelsen atas Vitidsarn dengan mencatatkan skor pertemuan 3-0, dengan pertemuan terakhir mereka terjadi di Thailand Open pada bulan Januari di Bangkok.

BACA JUGA: 8 Wakil Indonesia Siap Tempur di Swiss Open 2021

Sementara itu pasangan Astrup/Rasmussen menjalani laga tak mudah melawan ganda putra Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Seidel.

Unggulan kedelapan dari Denmark itu membuka laga tanpa mengalami hambatan berarti dari pasangan Jerman.

BACA JUGA: Sempat Menawarkan Minuman Buat Viktor Axelsen, Anders Antonsen Juara

Namun tekanan baru dirasakan di gim kedua hingga terjadi persaingan ketat.

Beruntung Astrup/Rasmussen mampu meredam perlawanan rival mereka dan mengunci kemenangan 21-16, 21-11 dalam waktu 41 menit.

Dua gelar juara yang diraih memperkukuh kedudukan Denmark sebagai pemegang gelar juara terbanyak di Swiss Open, dengan total 56 gelar.

Namun impian Denmark untuk mencetak tiga gelar musim ini pupus setelah wakil mereka di ganda campuran yaitu Mathias Christiansen/Alexandra Boje dikalahkan Thom Gicquel/Delphine Delrue dari Prancis.

Kemenangan Gicquel/Delrue dengan dua gim langsung 21-19, 21-19 menjadi gelar perdana mereka di Swiss Open.

Di sektor ganda putri, pasangan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dari Malaysia menyabet gelar perdana di Swiss, mengalahkan unggulan ketiga Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva dengan skor 21-19, 21-12.

Pearly Tan/Thinaah Muralitharan mencetak sejarah buat Malaysia, menjadi ganda putri Malaysia pertama dalam lebih dari dua tahun yang memenangi gelar HSBC BWF World Tour.

Kemudian pada sektor tunggal putri, pebulu tangkis Spanyol Carolina Marin juga memenangi gelar perdananya di Swiss setelah mengalahkan Pusarla V. Sindhu dari India.

Marin yang menjadi unggulan teratas, menundukkan unggulan kedua dengan skor 21-12, 21-5 dalam waktu 35 menit di sesi pertandingan penutup. (antara/jpnn)

Final Swiss Open 2021:

livescore


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler