Tablet Topang Pameran Industri Komputer

Kamis, 02 Juni 2011 – 12:16 WIB
SURABAYA - Industri teknologi informasi (TI) rupanya kian bergairah dengan hadirnya berbagai produk komputer tabletPotensi gadget yang sarat dengan akses data tersebut dibaca oleh PT Dyandra PT Dyandra Promosindo sebagai peluang untuk menggenjot target pameran komputer dan produk TI.

Branch Manager Surabaya PT Dyandra Promosindo, Yusuf karim ungsi, mengatakan, selama lima hari pameran komputer, pihaknya mematok target sebesar Rp 11 miliar, atau naik mencapai 69 persen dibandingkan tahun lalu atau sebesar Rp 7,65 miliar

BACA JUGA: Produk eTouch Terjual Rp 23 Triliun

"Saat ini tren permintaan tablet sangat tinggi
Kami harap 30 persen dari total transaksi merupakan kontribusi dari penjualan komputer tablet

BACA JUGA: BNI Market Leader Remiten TKI

Baik tablet dari merek global maupun merek lokal," ungkapnya di sela-sela press conference Festival Komputer Indonesia di Grand City, Surabaya kemarin (1/6).

Apalagi, ungkap Yusuf, saat ini komputer tablet dibanderol lebih miring terutama untuk tablet merek lokal
Inilah yang memicu gairah penjualan komputer tablet selama pameran kian melesat

BACA JUGA: IHSG Diselamatkan Astra

Bahkan, dari segi komposisi produk tablet yang dipamerkan bisa mencapai 60 persen, termasuk di dalamnya ada netbookBarulah sisanya produk lain seperti printer dan tinta sebesar 10 persen, asesoris 10 persen, dan 20 persen smartphone hingga modem.

Meski begitu, Yusuf mengungkapkan, transaksi diprediksi masih didominasi oleh penjualan netbook"Kontribusinya sebesar 60 persenNamun angka ini termasuk menurun sebesar 10 persen dengan hadirnya komputer tablet di pameran kami," ujarnya.

Yusuf pun optimistis pameran yang diikuti 75 exhibitors ini mampu menyedot 70 ribu pengunjungApalagi pameran diadakan di masa long weekend"Tentunya akan lebih potensial karena saat ini sedang masa liburan sekolah dan menyambut tahun ajaran baruDi waktu tersebut, biasanya tren belanja produk IT besarKarena orang tua menyiapkan anaknya yang mau masuk sekolahBegitu pula bagi pelajar dan mahasiswa," ujarnya.

Sementara itu, Head Supervisor Area Jatim Global Teleshop Superstore, Onny Pandika mengungkapkan, pihaknya juga optimistis target selama pameran yang dipatok Rp 600 juta bakal tercapai"Kami optimistis karena dalam pameran ini, hanya kami gerai ritel yang berjualan produk berbasis smartphoneSelain itu, kami juga satu-satunya gerai yang menawarkan produk-produk besutan Apple Inc," paparnya.

Onny menyebutkan, sebesar 50 persen hingga 60 persen dari total target transaksi bakal didominasi oleh smartphone BlackBerrySedangkan sisanya adalah produk dari Apple misalnya notebook dan iMac atau Macintosh"Blackberry yang diprediksi bakal laris adalah tipe Gemini 3GKarena bidikan kami di pameran ini adalah segmen entry levelYang mana, lebih memilih tipe BlackBerry dengan banderol harga yang middle," tuturnya.

Festival Komputer Indonesia ini juga menawarkan berbagai promo untuk pelajar dan mahasiswa, seperti flashdisk berkapasitas 4 gigabyte yang hanya dibanderol Rp 25 ribu, untuk 50 pembeli pertama setiap harinya(gal)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Genjot Produksi, Chevron Bor 450 Sumur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler