Tabung Gas Meledak, 6 Orang Terbakar

Rabu, 04 Juni 2014 – 04:29 WIB

jpnn.com - TANGSEL – Toko sekaligus gudang gas elpiji 3 kg di Jalan Pondok Aren RT 02/04, Kelurahan Pondok Aren, Kecamatan Pondok Aren, Tangsel, Selasa (3/6) siang meledak. Kendati tidak ada korban jiwa, namun enam orang karyawan yang ada di dalam gudang itu mengalami luka bakar akibat ledakan tabung gas yang diduga gagal saat diisi.

Keenam korban masing-masing Miswono, Slamet Triyadi, Agus Kurniawan, Muhlasin, Saripudin, terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Aqiqa di kawasan Ciledug karena mengalami luka serius di sekujur tubuh. Sedangkan Saren yang mengalami luka bakar di bagian kaki dan tangan dan tubuhnya dirawat di RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Kejagung Cecar Dua Saksi Terkait Tender Bus Transjakarta

Raimon, 35, warga sekitar lokasi kebakaran mengatakan, toko yang sudah setahun terakhir beroperasi itu memang dicurigai sebagai lokasi penyuntikan gas elpiji. Namun, Raimon mengaku tidak tahu pasti soal kebenarannya.

Hanya saja sebelum kebakaran terdengar sekurangnya tiga kali ledakan keras dari dalam toko. Selanjutnya, api langsung menjalar dan membakar toko yang berdempetan dengan gudang gas itu.  

BACA JUGA: Kasus Transjakarta, Dua Saksi Pihak Swasta Digarap

”Orang-orang di sini bilangnya toko itu jadi tempat oplosan gas. Tapi belum ada yang menjelaskan secara pasti. Masih isu,” katanya.

Kecurigaan Raimon, lokasi itu merupakan oplosan gas karena di lokasi tersebut terdapat ribuan tabung gas berukuran 3 kg yang ikut terbakar. Gudang penyimpanan tabung ditempatkan dibagian belakang yang tertutup rapat oleh tembok setinggi 2,5 meter. Termasuk juga pagar besi setinggi dua meter.

BACA JUGA: Innova Tertabrak Kereta di Tanah Abang, Suami Tewas Istri Terluka

Hal senada juga diungkapkan Yudi, warga setempat. Awalnya ada ledakan sebanyak dua kali, kemudian api muncul dari atas atapnya.

Tak berapa lama, enam orang pegawainya berlarian dari dalam dengan keadaan telanjang dan luka bakar serius di sekujur tubuh.  “Lima orang langsung dilarikan ke rumah sakit Aqiqah di kawasan Ciledug dan satu orang (Saren, red) dilarikan ke Rumah Sakit Fatmawati,” ujar Yudi, warga setempat.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangsel Agus Budi Darmawan mengatakan, api sudah dipadamkan sekitar pukul 13.30. Pihaknya menerjunkan enam unit mobil Damkar dibantu tiga unit dari Damkar Kota Tangerang.

Menurut Agus, berdasar informasi yang beredar di lokasi,  diduga gudang itu sebagai tempat oplosan gas. Ledakan juga diduga berasal dari tabung gas.

Hanya saja dari hasil penelusuran sementara Agus mengatakan kebakaran terjadi karena konsleting listrik. ”Korban dilarikan ke rumah sakit karena luka bakar yang diderita. Dugaan sementara akibat ledakan gas namun semua kami serahkan ke penyidik kepolisian. Kalau dari kami sepertinya konsleting listrik,” ujarnya.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Pondok Aren, Iptu Sitta Mardongan Sagala masih menghimpun data soal penyebab ledakan dan kebakaran. ”Kami sedang kumpulkan data. Saat ini petugas sedang melakukan olah TKP memastikan penyebab ledakan dan kebakaran,” katanya. (fin/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahok: 27 Ribu Penerima KJP tak Prosedur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler