Tahapan Pemilu 2024 Tuntas, Golkar Raih Kursi DPRD Terbanyak

Kamis, 06 Juni 2024 – 22:02 WIB
Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut Golkar meraih kursi DPRD terbanyak pada Pemilu 2024. Foto: Golkar.

jpnn.com - JAKARTA - Seluruh proses gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai digelar, Kamis (6/6).

Menurut Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dengan selesainya seluruh tahapan Pemilu 2024, partai berlambang pohon beringin juga memastikan mengamankan 102 kursi DPR RI.

BACA JUGA: Mau Mengabdi di Kota Kelahiran, Perwira TNI Ini Pensiun Dini untuk Maju di Pilkada Cilacap

Doli mengatakan Golkar bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberi kepercayaan pada partai yang dipimpin Ketua Umum Airlangga Hartarto tersebut.

"Golkar berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada Golkar. Alhamdulillah, Golkar mantap pada perolehan 102 kursi DPR, naik 17 kursi dibandingkan perolehan Pemilu 2019," uar Doli dihubungi wartawan.

BACA JUGA: Pembangunan IKN Dipastikan Sesuai Target, Langkah Penting untuk Indonesia

Doli lebih lanjut mengatakan kenaikan perolehan kursi menunjukkan rakyat menerima dan mendukung sikap Partai Golkar.

"Itu menunjukkan bahwa seluruh pandangan, sikap, kebijakan dan langkah-langkah yang diambil Partai Golkar selama ini dapat diterima dan didukung rakyat Indonesia," ucapnya.

BACA JUGA: Perindo Dukung Befa-Natan Karena Berikan Hati untuk Papua Pegunungan

Menurut Plt Ketua DPD Partai Golkar Papua ini Golkar juga menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak di tingkat DPRD provinsi.

Perolehan kursi DPRD provinsi yang diraih di Pemilu 2024 naik 50 kursi menjadi 359 kursi dari sebelumnya hanya 309 di Pemilu 2019.

"Bukan hanya perolehannya yang terbanyak, tetapi juga menjadi partai yang memperoleh pimpinan DPRD terbanyak se-Indonesia," kata Doli.

Pria yang juga menjabat Ketua Komisi II DPR ini mengatakan partainya menempatkan kader menjadi ketua DPRD di 14 provinsi dari 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Selain itu Golkar juga menempatkan 20 kadernya sebagai wakil ketua DPRD provinsi.

Artinya, Golkar mengamankan posisi pimpinan DPRD di 34 provinsi dari 38 di seluruh Indonesia.

Perolehan signifikan Partai Golkar di tingkat provinsi juga linier dengan perolehan kursi DPRD di tingkat kabupaten dan kota.

"Partai Golkar meraih 2.521 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia, atau setara dengan 14,4 persen dari total 17.510 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia," katanya.

Doli juga mengatakan partainya mencatatkan kenaikan kursi sebanyak 99 kursi atau 4 persen dari perolehan di Pemilu 2019 sebanyak 2.422 kursi.

"Partai Golkar juga meraih kemenangan di 120 kabupaten/kota se-Indonesia, atau setara 23,7 persen dari 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pileg Kabupaten/Kota di 2024. Artinya otomatis Golkar memiliki 120 Ketua DPRD ditambah 220 wakil ketua DPRD kabupaten/kota seluruh Indonesia," ucapnya.

Doli berharap rakyat Indonesia kembali memberikan kepercayaan kepada kader-kader terbaik Partai Golkar yang ikut menjadi calon (kepala daerah) pada Pilkada Serentak 2024. (gir/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ogah Dukung Bobby Nasution di Pilkada Sumut, PDIP Yakin Kalahkan Menantu Jokowi Itu


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler