Tajam di Piala Dunia, tetapi Mandul di EURO, Kylian Mbappe Kenapa?

Rabu, 10 Juli 2024 – 10:23 WIB
Bintang Prancis Kylian Mbappe tampil kurang tajam di EURO 2024. Foto: REUTERS/Annegret Hilse

jpnn.com, MUNCHEN - Penampilan bintang Timnas Prancis Kylian Mbappe di EURO 2024 jauh dari ekspektasi.

Ambisi bintang anyar Real Madrid itu membawa pulang Piala Eropa pupus setelah Prancis takluk 1-2 dari Spanyol di babak semifinal, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

BACA JUGA: Mbappe: Kami tak Berbuat Cukup Banyak untuk Mencapai Final

"Ambisi saya ialah menjadi juara Eropa, tetapi gagal," ucap Mbappe selepas pertandingan.

Mbappe juga tampil tak sesuai ekpektasi di Piala Eropa 2024. Diharapkan menjadi mesin gol, eks pemain Paris Saint-Germain itu hanya mengemas satu gol sepanjang turnamen.

BACA JUGA: EURO 2024, Rabiot: Prancis Tetap Butuh Griezmann dan Mbappe

Piala Eropa seakan menjadi turnamen yang sulit ditaklukkan Mbappe. Pemain berusia 25 tahun itu kerap tampil majal di kompetisi empat tahunan ini.

Penampilan Mbappe di Piala Eropa berbanding terbalik dengan di Piala Dunia.

BACA JUGA: 80.000 Orang Menunggu, Mbappe Bakal Seperti Taylor Swift

Pada debutnya di Piala Dunia 2018, Mbappe yang baru berusia 19 tahun mampu membuat empat gol dan mengantar Prancis menjadi kampiun.

Ketajaman Mbappe juga berlanjut di Piala Dunia 2022 dengan mencetak delapan gol, termasuk hattrick di partai puncak saat Prancis bermain imbang 3-3 dengan Argentina di waktu normal.

Namun, penampilan impresif Mbappe di Piala Dunia tak terjadi ketika merumput di Piala Eropa. Ketajaman lulusan akademi AS Monaco itu seakan luntur.

Pada Piala Eropa pertamanya di EURO 2020, Mbappe tak mencetak satu gol pun. Pemain kelahiran Paris itu, bahkan menjadi penyebab gugurnya Prancis di babak 16 besar.

Saat itu, Les Bleus bermain imbang 3-3 dengan Swiss di waktu normal sehingga laga dilanjutkan ke babak penalti.

Mbappe yang menjadi penendang kelima di babak tos-tosan gagal membobol gawang Swiss yang menyebabkan Prancis kalah 4-5 dari Swiss.

Kutukan mencetak gol bagi Mbappe di Piala Eropa berlanjut pada musim ini. Sang megabintang hanya mengemas satu gol di EURO 2024.

Satu-satunya gol yang diciptakan Mbappe terjadi di fase grup saat Prancis ditahan imbang 1-1 Polandia. Itu pun melalui penalti.

Pakar sepak bola Prancis Julien Laurens menyebut Mbappe sejatinya tak bermain buruk di Piala Eropa 2024. Hanya saja, ucap Laurens, Mbappe kurang cakap dalam memanfaatkan peluang. 

"Mbappe tidak memanfaatkan peluangnya, dan pada saat yang paling penting, Prancis kekurangan sedikit keajaiban," ucap Laurens kepada BBC.

Penampilan kurang gereget Mbappe sejurus dengan performa Prancis yang bermain membosankan. Tim Ayam Jantan, bahkan hanya mencetak empat gol di EURO 2024 dengan dua di antaranya berasal dari bunuh diri lawan.

Mbappe sendiri sempat terganggu cedera hidung yang didapat saat melawan Austria di laga perdana EURO 2024. Cedera itu memaksanya absen ketika Prancis menghadapi Belanda.

Mbappe kemudian comeback dengan menggunakan masker di bagian wajah. Situasi itu jelas menyebabkan beberapa masalah, dan dia terlihat berusaha menyesuaikan dalam beberapa pertandingan. (bbc/mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler