Tak Ada Untungnya SBY Pertahankan SDA

Rabu, 09 Februari 2011 – 20:20 WIB

JAKARTA - Sorotan terhadap kinerja Menteri Agama terus disampaikan sejumlah pihakSetelah Adnan Buyung, Selasa (8/2), mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar mencopot Surya Dharma Ali (SDA), kini kritikan juga datang dari tokoh NU, Siti Musdah Mulia.

“Menteri Agama telah gagal dan tidak beralasan untuk dipertahankan,” ujar Musdah saat ditemui usai acara deklarasi Gerakan Kebangsaan Menjamin Kebhinekaan dan Kebebasan Beragama, Berkeyakinan dan Beribadah, di Kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (9/2).

Menurut Musdah, seharusnya Menteri Agama mampu mewujudkan kerukunan ummat beragama di Indonesia

BACA JUGA: KPK Segera Periksa Dokter Pribadi Nunun

Sikap toleransi yang telah sekian lama dibangun di Indonesia, katanya, semestinya terus dirawat
“Tapi kenyataannya belakangan ini kekerasan mengatasnamakan agama mencuat lagi,” ungkapnya

BACA JUGA: Kursi PNS 2011 dari Honorer Hanya 30 Persen



Musdah mengaku sejak awal sudah melihat sikap SDA yang tidak sejalan dengan visi di kementerian yang dipimpinnya
Salah satunya terkait sikap SDA yang sering mengampanyekan sikap anti terhadap Ahmadiyah

BACA JUGA: Kejaksaan Agung Incar Nurdin Halid Cs

“Harusnya kan itu tidak dilakukanApalagi dengan kapasitasnya yang kini sudah menjadi menteri,” tandas guru besar yang juga peneliti di Litbang  Departemen Agama ini.

Sebagai menteri, imbuh Musdah, SDA hendaknya mengutamakan visi kebangsaanSebab, amanat UUD 1945 dan segala aturan di negeri ini mesti dijalankan dengan konsekuen“Tapi nyatanya kan bertentanganUngkapan anti-Ahmadiyah itu kan jelas bertolak belakang dengan ketentuan yang dianut oleh negara ini, yaitu menghormati keberagaman,” paparnya.

Musdah menegaskan, Presiden tentu juga harus bertanggungjawab terhadap pembantunya yang tidak bekerja dengan benar menjalankan tugasnya sebagai aparatur negara“Buktinya kan SBY memilih pembantu yang begitu,” ujarnya.

Sementara rohaniawan Franz Magnis Suseno yang juga ikut menghadiri deklarasi di Kantor PKB, mengaku enggan memberi kesimpulan tentang gagalnya SDA sebagai Menteri Agama lantaran banyak kerusuhan akibat ulahkelompok yang mengatasnamakan agama“Saya tidak memiliki kapasitas untuk mengatakan ituYang pasti kekerasan yang terjadi belakangan telah membuat Kita semua menjadi prihatin,” tuturnya.(mur/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menakertrans Resmikan Balai Pelayanan TKI Terpadu Jawa Barat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler