Tak Main-Main Menindak Mafia, Bea Cukai Gandeng TNI dan Kejaksaan

Jumat, 26 Agustus 2022 – 19:33 WIB
Bea Cukai bersama Kejaksaan meresmikan Posko Satgas Mafia Pelabuhan dan Bandar Udara di Pelabuhan Kartini Jepara, Selasa (16/8).

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai bersinergi dengan aparat penegak hukum (APH) lain di Makassar, Jepara, Tanjungpinang, dan Pangkalpinang. 

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Hatta Wardhana menyampaikan pihaknya bertugas mengumpulkan penerimaan negara dan melindungi masyarakat dari peredaran barang yang membahayakan negara serta merugikan masyarakat.

BACA JUGA: Bea Cukai Menyita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal di Kendaraan Besar Ini

“Luasnya wilayah serta kompleksnya permasalahan di bidang kepabeanan dan cukai memerlukan sinergi dan koordinasi yang baik dengan APH lain sehingga dapat tercapai hasil yang optimal,” ungkapnya.

Di Makassar, Bea Cukai menerima kunjungan dari Kaotmilti IV Makassar Babinkum TNI (11/8). 

BACA JUGA: Masa Penahanan Roy Suryo Diperpanjang, Sekarang Tergantung Kejaksaan

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka penegakan hukum serta meningkatkan pemahaman atas tugas dan fungsi Bea Cukai Sulbagsel.

Bea Cukai Tanjungpinang juga menyelenggarakan sosialisasi Rencana Kerja dan Petunjuk Teknis Penandatanganan Kerja Sama (PKS) Bea Cukai-TNI AD bersama Kodim 0315/Tanjungpinang dan Subdenpom I/6-1 Tanjungpinang.

BACA JUGA: Hasil Survei: Kejaksaan Lebih Dipercaya Publik ketimbang KPK dan Kepolisian

Sosialisasi ini merupakan implementasi tindak lanjut atas PKS Bea Cukai bersama TNI AD yang dilaksanakan pada 3 Agustus 2022 lalu di Medan.

Sementara itu, Bea Cukai Pangkalpinang melakukan kunjungan kerja ke Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung, Senin (8/8). 

Melalui kunjungan ini, Bea Cukai Pangkalpinang dan Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung diharapkan memperkokoh sinergi dalam penanganan perkara di bidang kepabeanan dan cukai. 

Selanjutnya, Bea Cukai Kudus menghadiri peresmian Posko Satgas Mafia Pelabuhan dan Bandar Udara di Pelabuhan Kartini Jepara (16/8). 

Posko tersebut diresmikan setelah terdapat Tim Pemberantasan Mafia Pelabuhan dan Bandar Udara di Kejaksaan Negeri Jepara. 

“Keberadaan mafia pelabuhan dapat merugikan negara karena berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan investasi. Upaya ini diharapkan mampu menarik minat investor untuk datang dan berkontribusi mengembangkan perekonomian di Jepara,” ujar Hatta.

Sinergi ini diharapkan meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan kerja sama Bea Cukai dengan berbagai instansi lain guna menyelaraskan dan mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang kepabeanan dan cukai. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bea Cukai Terus Kembangkan Program NLE, Apa Untungnya?


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler