Tak Menyentuh Subtansi, ICW Minta KPU Ubah Format Debat Capres

Rabu, 11 Juni 2014 – 00:00 WIB
Tak Menyentuh Subtansi, ICW Minta KPU Ubah Format Debat Capres. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Koordinator Bidang Hukum dan Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW), Emerson Yuntho mengatakan acara debat calon presiden yang digelar di Balai Sarbini, Senin (9/6) tidak tepat dikatakan sebagai debat. Menurutnya, acara tersebut hanya sebatas penyampaian gagasan dan ide yang dipandu oleh seorang moderator.

“Jadi bukan format debat seperti kalau bayangan kita dalam konteks korupsi misalnya, pasangan (calon presiden) Joko Widodo-Jusuf Kalla memertanyakan konsep pemberantasan korupsi dari (pasangan capres) Prabowo Subianto-Hatta Rajasa,” katanya di Jakarta, Selasa (10/6).

BACA JUGA: Kasus Suryadharma Ali Bikin Pengawai Kemenag Khawatir

Emerson juga menilai substansi pernyataan dari kedua pasangan calon presiden tidak memberi gagasan agar Indonesia dapat keluar dari problem korupsi yang begitu menghantui negara ini. Padahal korupsi merupakan kejahatan luarbiasa dan Indonesia berdasarkan data sejumlah lembaga, masuk sebagai negara paling korup di dunia.

“Pertanyaannya tidak tajam. Akhirnya membuat dijawab normatif saja. Harusnya digali program capres dan cawapres untuk membawa Indonesia keluar dari zona korup di dunia,” katanya.

BACA JUGA: Jokowi Tidak Bisa Bedakan BPJS Dengan Kartu Indonesia Sehat

Karenanya, Emerson menilai KPU perlu mengevaluasi secara menyeluruh format debat capres-cawapres peserta pemilu 2014 yang masih akan digelar empat kali lagi.

“Format debat beda dengan penyampaian visi misi program dan gagasan,” katanya. (gir/jpnn)

BACA JUGA: Mapolsek Diberondong Tembakan, Celana Anggota Intel Sobek

BACA ARTIKEL LAINNYA... Teror di Markas Prabowo dan Jokowi Tak Terkait Pilpres


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler