Takut Berat Badan Naik? Ini Pilihan Camilan Sehat Selama di Rumah Saja

Jumat, 01 Mei 2020 – 09:10 WIB
Buah-Buahan. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - Sebetulnya ada banyak makanan untuk jadi camilan yang lebih tepat dan sehat karena tinggi protein, tinggi serat, rendah glikemik indeks, dan tentunya mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Nah, apakah makanan yang Anda pilih termasuk jenis camilan yang tepat untuk tubuh Anda?

Camilan enak dan sehat selama di rumah saja

BACA JUGA: Di Rumah Aja, Mending Bersih-Bersih Helm Yuk, Berikut Tipsnya

Anda sudah tahu camilan yang salah seperti yang tinggi gula, tinggi lemak bisa berdampak pada kenaikan berat badan. Kini, saatnya Anda pilih camilan enak dan sehat, dan tentunya bergizi selama beraktivitas di rumah saja.

1. Kedelai utuh

BACA JUGA: 9 Cara Sehat Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Camilan yang satu ini digemari kebanyakan orang. Kacang-kacangan tergolong sebagai camilan sehat dan enak karena mengandung beragam nutrisi yang berguna untuk tubuh. Misalnya, kacang kedelai utuh.

Kacang kedelai masuk ke dalam superfood yang tinggi serat, tinggi protein, dan kaya vitamin mineral. Anda bisa menyertakan kacang kedelai pada menu snack atau sarapan Anda.

BACA JUGA: 5 Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

Kacang kedelai termasuk ke dalam camilan sehat yang dapat dicerna tubuh secara perlahan, sehingga membantu kenyang lebih lama. Oleh karenanya, kacang kedelai sering disertakan dalam menu diet dan membantu menjaga berat badan

Di samping itu, kacang kedelai membantu menjaga kadar gula darah Anda. Menurut Nutrition Journal, kacang kedelai memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga menjaga kestabilan gula darah. Dengan begitu, konsumsinya dapat mencegah terjadinya perlonjakan kadar gula darah.

Kacang kedelai lezat dikosnsumsi secara utuh sebagai camilan. Namun, sebaiknya hindari proses kedelai yang digoreng karena bisa meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh.

Agar Anda bisa meraup manfaat secara utuh dari kedelai, pilih prosesnya yang direbus, dipanggang, atau atau dalam bentuk snack bar yang praktis dan mengandung kedelai utuh.

2. Snack bar

Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa mengonsumsi snack bar yang tinggi protein, tinggi serat, dan rendah indeks glikemik sebagai camilan yang enak dan sehat. Snack bar dapat membantu Anda yang ingin mempertahankan berat badan melalui nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Tidak semua snack bar itu sama! Pilih snack bar yang memiliki kandungan kacang-kacangan utuh, seperti kacang kedelai utuh, macadamia, maupun almond yang terkadang juga dikombinasikan dengan buah-buahan seperti stroberi, pisang, atau raisin.

Snack bar yang terdiri atas kacang-kacangan utuh ini mengandung serat, rendah glikemiks indeks, dan tinggi protein sehingga saat dikonsumsi, membuat perut kenyang lebih lama dan meredam keinginan ngemil camilan yang tinggi gula, dan tinggi lemak. 

Snack bar membantu mengontrol nafsu makan, sehingga dapat menjadi cara untuk mengontrol berat badan selama Anda bekerja dari rumah. Untuk orang tua Anda, cemilan tepat akan bantu jaga gula darah buat orang tua Anda selama di rumah saja.  

3. Buah-buahan

Tak hanya jadi makanan pencuci mulut, buah-buahan juga bisa dijadikan camilan yang enak dan sehat. Misalnya, agar kenyang lebih lama Anda bisa makan alpukat.

Alpukat mengandung serat, lemak sehat, kalium, dan magnesium. Selain membuat perut cepat kenyang, alpukat juga mampu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan risiko stroke berkat kandungan kaliumnya.

Jika Anda lebih suka buah-buahan yang manis, coba sertakan jeruk, kiwi, apel, maupun melon. Serat dari buah-buahan ini dapat membantu Anda mengontrol berat badan agar tidak naik selama masa bekerja dari rumah.

Selain konsumsi beragam camilan tepat dan sehat di atas, jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari untuk mencegah kenaikan berat badan dan membuat tubuh jadi lebih bugar. Dengan demikian, kualitas kesehatan bisa terjaga optimal selama di rumah saja.(HelloSehat)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler