Taman Herbal Bejo Pulogadung Bisa Jadi Percontohan

Senin, 26 Mei 2014 – 23:10 WIB
Ahok didampingi CEO Kalbe Group dan Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe saat meresmikan Taman Herbal Bejo di Kawasan Pulogadung Jakarta Timur, Minggu (25/5). Tampak pula pasangan Jokowi KW2 dan Jarwo Kwat (JK). Foto: Ist

jpnn.com - JAKARTA - Sektor swasta mulai berperan dalam pembangunan taman di Jakarta. Salah satu yang mendapat perhatian adalah Taman Herbal Bejo di Kawasan Pulogadung Jakarta Timur.

Taman Herbal Bejo dibangun oleh PT. Bintang Toedjoe, tepat di depan lokasi pabrik mereka. CEO Kalbe Group, Irawati Setiady, mengungkapkan bahwa taman tersebut adalah bentuk pertanggungjawaban pihaknya terhadap perusahaan dalam bidang lingkungan.

BACA JUGA: 29 Juni, KCJ Operasikan Rel Ganda Stasiun Duri-Tangerang

"Taman ini merupakan bentuk kepedulian CSV ( Corporate Social Value) dari perusahaan. Konsepnya adalah memanfaatkan lahan kosong untuk ruang hijau dengan nuansa herbal, bukan dengan tanaman biasa," kata Irawaty, Minggu (25/5).

Dijelaskan, taman Herbal Bejo berisi 107 jenis tanaman herbal dan akan terus dikembangkan. Dengan tanaman herbal tersebut, masyarakat diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk tujuan kesehatan.

BACA JUGA: Daftarkan TMII Agar Jadi Warisan Dunia

Selama ini, Bintang Toedjoe merupakan Perusahaan Farmasi yang selalu berinovasi dalam memanfaatkan bahan baku herbal untuk sebagian besar produk-produknya.

Selain di depan pabrik Bintang Toedjoe di kawasan Industri Pulogadung; Taman Herbal Bejo juga dibangun di Jl. Perintis Kemerdekaan, Jakarta Pusat, di depan kantor PT. Bintang Toedjoe, Pulomas Jakarta Timur dan di depan SMA 21, Pulomas. Keempat lokasi tersebut hingga kini sudah rampung dikerjakan.

BACA JUGA: Pemeriksaan Batal karena Udar Beralasan Sakit

Dengan dibangunnya Taman Herbal Bejo, PT Bintang Toedjoe/ Kalbe Group berharap bisa menjadi trigger dan menggugah perusahaan lain untuk mengikuti jejaknya.

Dalam kesempatan itu, secara simbolis Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama didampingi CEO Kalbe Group, Irawati Setiady dan Presiden Direktur PT Bintang  Toedjoe, Simon Jonatan ikut menanam pohon herbal di Taman Herbal Bejo.

"Terima kasih kepada Kalbe grup dengan responnya yang cepat. Hal ini memang sudah sesuai dengan harapan pak gubernur. Sebab ke depan, sektor swasta yang lebih mendominasi pembuatan taman dan juga pemeliharaannya,” ujar pria yang akrab disapa Ahok itu saat meresmikan Taman Herbal Bejo.

Ahok menambahkan, taman-taman itu sebaiknya ditumbuhi tanaman yang produktif. “Tanah di Jakarta ini kan mahal, jadi kalau bisa digunakan untuk produksi juga kan bagus, termasuk dengan membuat taman herbal,” sambungnya. (abu/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dilabrak Pengacara Udar, Ahok Kirim Bodyguard


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler