Tambah Angkutan Barang, KALOG Express Percepat Waktu Tempuh Pengiriman

Kamis, 29 Agustus 2024 – 16:56 WIB
Kurir KAI Logistik (Ilustrasi). Foto dok KAI Logistik

jpnn.com, JAKARTA - KAI Logistik, anak usaha KAI melakukan percepatan waktu tempuh pengiriman khususnya ke wilayah timur Jawa melalui pengelolaan KA Bagasi pada KA Blambangan.

Hadirnya inovasi penambahan angkutan barang menggunakan moda KA Blambangan bisa mempercepat proses pengiriman barang retail dari Jakarta ke Banyuwangi.

BACA JUGA: KAI Logistik, Gobel Group, PT Panasonic & Gotrans Logistics International Jalin MoU

Bila sebelumnya waktu pengiriman dari Stasiun Pasar Senen hingga ke Stasiun Ketapang maupun sebaliknya membutuhkan waktu 2-3 hari, kini dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam.

“Penambahan pola operasi melalui pemanfaatan KA Blambangan merupakan langkah strategis KAI Logistik melalui KALOG Express dalam upaya memperluas bisnis retail dan tentunya meningkatan kualitas layanan kepada pelanggan. Melalui langkah strategis ini, KALOG Express dapat memenuhi kebutuhan pengiriman barang retail milik pelanggan dari Jakarta hingga ke area timur Jawa maupun sebaliknya dengan waktu lebih cepat dan efisien," ujar Fredi Firmansyah, Direktur Utama KAI Logistik.

BACA JUGA: Dapat Predikat Perusahaan Terbaik, Pupuk Kaltim Raih 3 Penghargaan Naker Award 2024

Pengiriman barang melalui KA Blambangan ini dapat mengakomodir kebutuhan pengiriman pelanggan setiap harinya dari dan ke daerah lintas utara, di antaranya  Jakarta, Bekasi, Karawang, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang.

Kemudian Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Klakah, Tanggul, Rambipuji, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi, dan hingga ke Ketapang.

BACA JUGA: Dukung Peta Jalan Industri Penjaminan, Jamkrindo Jalin MoU dengan Seluruh Jamkrida

Tak hanya berdampak positif bagi pengiriman hingga ke Ketapang dalam waktu 24 jam, melalui pola operasi ini juga mempercepat arus distribusi ke Pulau Bali dengan waktu pengiriman 1-2 hari yang sebelumnya membutuhkan 2-3 hari.

“Inisiatif ini selaras dengan upaya kami dalam mendukung program logistik nasional, khususnya untuk mendorong dan mengakomodir percepatan proses distribusi logistik pengiriman barang dari dan ke wilayah timur guna memperkuat jaringan logistik nasional," tutur Fredi.

Seperti layanan KALOG Express yang tersedia, percepatan pengiriman barang melalui KA Blambangan ini juga mencakup ragam komoditi dan jenis paket termasuk diantaranya paket, hewan peliharaan, sepeda, sepeda motor, dan tentunya produk lokal daerah.

Salah satu contohnya adalah produk lokal unggulan dari daerah Banyuwangi yang merupakan daerah pemasok buah naga terbesar di Indonesia  dan termasuk ke dalam produk yang memiliki peran strategis dalam industri pertanian nasional serta memiliki potensi market yang luar biasa.

Dengan percepatan waktu tempuh pengiriman ini, akan memastikan dan menjamin kualitas dan kesegaran produk saat tiba di tujuan.

“Perusahaan menyadari kecepatan dan ketepatan waktu memiliki peranan penting dalam pengiriman produk hasil UMKM seperti buah naga tersebut. Melalui peningkatan layanan ini diharapkan dapat menjadi solusi  bagi pelaku UMKM yang membutuhkan kepastian waktu dalam proses pengiriman produknya. Ke depan, perusahaan berkomitmen untuk dapat terus meningkatkan kualitas layanan sebagai langkah upaya mendukung pertumbuhan usaha UMKM,” seru Fredi.

Langkah strategis ini tentunya dilakukan, sejalan dengan tagline ‘KAI Logistik ispossible’ yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin, memastikan pemberian layanan optimal melalui pemberian kepastian waktu pengiriman kepada pelanggan dan UMKM di Indonesia dalam distribusi barang dengan lebih cepat dan efisien.(chi/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler