Tanpa Amalkan Pancasila, Sulit jadi Bangsa Besar

Rabu, 15 Maret 2017 – 13:16 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menjadi pembicara dalam Seminar Legislasi Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/3). Foto: Fandi Permana/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dinilai makin luntur seiring dengan pesatnya arus globalisasi.

Padahal, menurunya, sebagai ideologi bangsa, Pancasila merupakan landasan utama bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Ketua MPR: Kalau Benar Ditolak, Saya yang Menyalati

Zulkifli mengingatkan mengenai pentingnya kembali menerapkan nilai-nilai Pancasila secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, Indonesia sulit menjadi bangsa besar jika masyarakatnya tidak mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

BACA JUGA: Kata Pak Zul, Penikmat Duit e-KTP Pengkhianat!!!

"Saat ini kehidupan bernegara yang berlandaskan Pancasila semakin terlupakan. Dalam kehidupan sekarang memang semuanya butuh iptek, tapi nilai-nilai budaya dalam Pancasila jangan kita tinggalkan," kata Zulkifli saat menjadi pembicara dalam Seminar Legislasi Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/3).

Zulkifli menegaskan bahwa butir-butir Pancasila yang terdapat dalam lima sila didalamnya harus diimplemantasikan.

BACA JUGA: Citra DPR sudah Buruk, Kasus e-KTP Bikin Makin Terpuruk

Karena dengan Pancasila semua sektor kehidupan berbangsa dan bernegara akan tearah.

"Kalau butir-butir Pancasila ini kita amalkan, maka cita-cita kemerdekaan yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan tercapai. Bahkan kehidupan berpolitik pun akan terarah tanpa ada penyimpangn di dalamnya," ungkap Zulkifli.

Selain itu Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengingatkan kalangan kampus termasuk UPI untuk terus mengidupkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia.

"Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, akademisi UPI harus menjaga Empat Pilar Kebangsaaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Tanamkan empat pilar tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai mahasiswa sudah sepatutnya mengamalkan nilai pancasila agar tujuan dan cita-cita NKRI mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur bisa tercapai," imbuh Zulkifli. (mg5/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masuk Surga atau enggak, Allah yang Menentukan


Redaktur & Reporter : Fandi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler