Tasmania tercatat sebagai negara bagian yang tingkat kesenjangan orang kaya dan orang miskinnya paling kecil dibandingkan wilayah lainnya di Australia.

Dalam laporan yang dirilis Asosiasi Pemerintah Lokal disebutkan kesenjangan tingkat pendapatan warga di Tasmania tidak mencolok dibandingkan dengan tempat lain.

BACA JUGA: 100 Buah Kaos Kaki Untuk Hormati Pejuang Perang Dunia I

Menurut ekonom Ian Manning yang menulis laporan tersebut, rendahnya kesenjangan pendapatan di Tasmania menunjukan bahwa negara bagian tersebut sangat egaliter.

"Tasmania sangat bagus dan merupakan tempat yang egaliter dimana orang kaya tidaklah terlalu kaya dibandingkan orang yang miskin," jelasnya.

BACA JUGA: Kunjungi Brisbane, Dalai Lama Kritik Pembunuhan Atas Nama Agama

Selain itu, kata Manning, Tasmania juga menonjol dalam hal keterjangkauan harga rumah.

"Hal itu berarti Tasmania memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin memiliki rumah apalagi jika dibandingkan dengan kota seperti Melbourne," katanya.

BACA JUGA: Resep Akhir Pekan: Sup Ayam Lemon

Menurut dia, warga kota yang ingin pensiun bisa datang dan membeli rumah di Tasmania. "Ada dorongan untuk menjual rumahnya di Melbourne dan membeli rumah yang bagus di Tasmania," katanya.

Namun demikian laporan itu juga menyebutkan tingkat pengangguran di kalangan anak muda merupakan masalah serius dan mencapai rata-rata lebih dari 17 persen.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demi Hemat Biaya Sewa, Mahasiswa di Australia Bisa Tinggal dengan Lansia

Berita Terkait