Tekad untuk Pulang dengan Kepala Tegak

Sabtu, 10 Juli 2010 – 07:35 WIB
POSISI 3 - Pelatih Uruguay Oscar Tabarez (tengah), di sela latihan timnya di Stadion Philippi, Cape Town, pasca kekalahan di laga semifinal. Foto: AFP Photo/Rodrigo Arangua/FIFA.com.

KEGAGALAN melaju ke final Piala Dunia 2010 tidak perlu terus ditangisi Jerman dan UruguayMereka masih punya tugas yang belum tuntas dalam Piala Dunia yang kali pertama digelar di benua Afrika tersebut.

Ya, Jerman dan Uruguay bakal bertarung memperebutkan peringkat ketiga pada Piala Dunia 2010

BACA JUGA: Persija Kesulitan Lapangan dan Lawan

Mereka akan bertanding di Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth, dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB).

Bila dibandingkan dengan final, gengsi perebutan tempat ketiga itu memang bukan apa-apa
Kendati begitu, pertarungan antara Jerman kontra Uruguay tetap menjanjikan permainan yang menarik

BACA JUGA: Stoner-Ducati Sepakat Berpisah

Kedua tim berharap pulang dengan kepala tegak.

Terlebih lagi bagi Uruguay
Mereka merasa menjadi wakil terakhir dari Amerika Selatan

BACA JUGA: Hendro: Maksimal Ronde Keenam

"Piala Dunia belum selesaiSekarang yang menjadi tugas kami adalah memastikan berada dalam tiga besar," kata Luis Suarez, striker Uruguay, seperti dilansir AP.

Tak hanya motivasi yang berlipat, La Charruas (julukan Uruguay) juga mendapat suntikan tenaga besarTiga pilar utama Uruguay yang tak bisa turun lapangan ketika melawan Belanda pada semifinal, yakni Diego Lugano, Jorge Fucile, dan Luis Suarez.

:TERKAIT Mereka bertiga memiliki peran yang vital dalam timSelain kapten, Lugano adalah pemain utama di benteng pertahanan bersama Diego GodinTanpa Lugano, pelatih Oscar Washington Tabarez mengandalkan Mauricio Victorino.

Sedangkan, Fucile selama ini selalu menjadi pilihan di bek kiri tim yang dua kali merebut juara Piala Dunia ituKemudian Suarez, memiliki peran vital di lini depanSuarez terpaksa absen pada semifinal akibat kartu merah saat melawan Ghana di perempat final.

"Tidak masalah siapa yang nantinya akan mencetak gol, kami hanya akan berusaha untuk menolong tim ini merengkuh kemenanganDengan adanya Diego (Forlan), El Loco( julukan Sebastian Abreu), kami memiliki stok striker yang hebat," ucap Suarez.

Namun, tidak akan mudah bagi Uruguay menahan gempuran JermanMeski sangat terluka akibat kekalahan di semifinal dari Spanyol, Der Panzer (julukan Jerman) tetaplah tim yang paling produktif dengan mengemas 14 gol dalam enam laga.

"Sekarang saya rasanya tidak ingin bermain di pertandingan perebutan tempat ketigaKekecewaan ini sangat besarKami mendapat begitu banyak gol dan tetap saja tidak sukses," bilang kapten Jerman Philipp Lahm, seperti dilansir AFP.

:POLLING Karena itu, pelatih Joachim Loew menyatakan bahwa sebelum lawan Uruguay, tugasnya adalah membangkitkan kembali mental tanding Philipp Lahm dkk yang sedang dropBila tugas itu beres, tidak akan sulit bagi Der Panzer untuk melibas Uruguay.

"Sangat mengecewakan memang, tapi sekarang kami harus membuat tim ini kembali bangkitSaya ingin kami masuk lagi ke lapangan dan tetap fokusTidak ada yang perlu menundukkan kepada dan kami ingin berakhir dengan laga yang bagus," kata Loew.

Ambisi menang Loew dan menyamai prestasi empat tahun lalu saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006 terbukaApalagi, Loew sudah bisa memainkan Thomas Muller yang absen pada semifinal tatkala takluk dari Spanyol.

Sayang, ada sedikit masalah dengan striker Miroslav KloseStriker veteran itu mengalami cedera punggungBisa saja dia turun lapangan, tapi tidak dengan kekuatan terbaikKlose punya motivasi besar mencetak gol dan menyamai rekor gol Ronaldo di Piala Dunia(ham/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Uruguay (4-4-2): 1-Muslera (g); 16-Pereira, 2-Lugano, 3-Godin, 4-Fucile; 15-Perez, 17-Arevalo, 10-Forlan, 11-Pereira; 7-Cavani, 9-Suarez
Pelatih: Oscar Tabarez

Jerman (4-5-1): 1-Neuer (g); 16-Lahm, 17-Mertesacker, 3-Friedrich, 2-Jansen; 13-Muller, 6-Khedira, 8-Oezil, 7-Schweinsteiger, 10-Podolski; 11-Klose
Pelatih: Joachim Loew

Stadion: Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth
Wasit: Benito Archundia (Meksiko)

Head to Head
13/10/93 Jerman               v    Uruguay             5-0
20/12/92 Uruguay             v     Jerman              1-4
25/04/90 Jerman Barat    v     Uruguay            3-3
04/06/86 Uruguay             v    Jerman Barat    1-1
08/06/77 Uruguay             v    Jerman Barat    0-2

Di atas kertas
Sejak masih bernama Jerman Barat, mereka sudah pernah bertarung melawan Uruguay sebanyak delapan pertandinganHasilnya, Jerman tidak pernah kalahMereka menang enam kali dan dua kali seri.

Bursa Asian Handicap
Uruguay     v  Jerman    3/4 : 0

Perebutan Tempat Ketiga
(Lima Edisi Terakhir)

Tahun    Tuan Rumah        Ketiga            Keempat        Skor
2006      Jerman                  Jerman          Portugal          3-1
2002      Korsel-Jepang     Turki               Korsel             3-2
1998      Prancis                  Kroasia          Belanda          2-1
1994      AS                           Swedia           Bulgaria         4-0
1990      Italia                        Italia               Inggris            2-1

BACA ARTIKEL LAINNYA... NBL: Persaingan Keras Grup Neraka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler