Tekan Sel-Sel Terorisme, BNPT Tingkatkan Sinergi Pencegahan dengan TNI-Polri

Sabtu, 27 Januari 2024 – 18:52 WIB
Pertemuan Kepala BNPT Komjen Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel bersama Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada. Foto: dok BNPT

jpnn.com, SURABAYA - Kepala BNPT Komjen Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel menjelaskan kepada anggota TNI/Polri bahwa saat ini terdapat peningkatan aktivitas terorisme seperti pendanaan, radikalisasi, perekrutan dan konsolidasi sel-sel teroris.

Aktivitas tersebut menyasar tiga kelompok rentan yaitu perempuan, remaja dan anak.

BACA JUGA: Kepala BNPT RI: Silakan Beda Pilihan Tetapi Tetap Jaga Kedamaian, Hindari Kekerasan

“Justru terjadi konsolidasi dan penguatan sel-sel teroris, peningkatan fund raising, peningkatan proses radikalisasi dan rekrutmen yang menarget perempuan, remaja dan anak,” kata Rycko saat audiensi bersama Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada pada Jumat (26/1).

Melalui adanya fenomena tersebut, BNPT berkomitmen meningkatkan sinergi dalam menjalankan program pencegahan terorisme di Jawa Timur bersama Polda Jatim dan Kodam V/Brawijaya.

BACA JUGA: Kunjungi Polda Sumut, Kepala BNPT Ingatkan Cegah Generasi Muda dari Sikap Intoleran

Langkah ini dilakukan dengan membangun ketahanan masyarakat. Rycko mengatakan resiliensi akan terbentuk pada saat masyarakat memiliki pengetahuan dan kesadaran akan bahaya radikalisme dan terorisme.

“Kita harus membangun kesadaran publik dan daya tahan dengan memberi pengetahuan apa itu terorisme, bagaimana ciri-cirinya, bagaimana dampaknya untuk bangsa dan negara ini, kalau masyarakat sudah tahu pasti mereka akan menolak (radikal terorisme),” tambah Kepala BNPT.

BACA JUGA: BNPT RI Mengajak Semua Pihak Memastikan Natal dan Tahun Baru Berjalan Lancar

Selain pencegahan, sinergi ini juga akan diintensifkan untuk penguatan program deradikalisasi bagi mantan eks narapidana terorisme (eks napiter).

Selanjutnya, Rycko menjelaskan saat ini terdapat 116 eks napiter di Jatim yang harus dibina. Pembinaan salah satunya dilakukan melalui penguatan wawasan kewirausahaan.

“Tidak mudah mendapatkan pekerjaan bagi napiter setelah keluar dari penjara, karena itu pembinaan wawasan kewirausahaan ini penting untuk kesejahteraan mereka (eks napiter) dan integrasi ke masyarakat,” imbuh Rycko.

BNPT memiliki tujuh program prioritas terkait pencegahan dan deradikalisasi di antaranya pemberdayaan perempuan, anak dan remaja; pembentukan Desa Siap Siaga-Desa Damai; pembentukan Sekolah Damai; pembentukan Kampus Kebangsaan; pemenuhan hak dan pemberdayaan penyintas serta keluarga; reintegrasi dan reedukasi mitra deradikalisasi serta keluarga; dan asesmen pegawai dengan tugas resiko tinggi.

Dalam implementasinya, program-program akan dikolaborasikan dengan seluruh pemangku kepentingan, dalam hal ini Polda Jatim dan Kodam V/Brawijaya.

Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto mendukung adanya peningkatan kerja sama penanggulangan terorisme di Jatim, khususnya dalam program deradikalisasi.

“Kegiatan-kegiatan dan program ke depannya yang bisa dikerjasamakan harus kita kerjakan bersama agar kemanfaatannya bisa membawa sumber penghidupan eks napiter,” kata Kapolda Jatim.

Dukungan juga datang dari Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada. Dirinya menyoroti pentingnya langkah pencegahan jelang Pemilu 2024.

“Kami akan melakukan pendekatan teriroti dalam menghadapi dan mencegah proses radikalisasipada kelompok rentan, dan kita juga harus bekerja sama terutama dalam waktu dekat kita akan melaksanakan Pemilu,” imbuh Rafael. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler