Teknologi Makin Pesat, Intelijen Harus Adaptasi dengan Cepat

Rabu, 10 Januari 2018 – 18:25 WIB
Suasana peluncuran buku karya Ngasiman Djoyonegoro berjudul Intelijen di Era Digital: Prospek dan Tantangan Membangun Ketahanan Nasional di Menara Batavia, The President Lounge, Jakarta Pusat, Rabu (10/1). Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kemajuan teknologi yang sangat pesat menuntut intelijen beradaptasi dengan perkembangan digital.

Sebab, gerakan penyusupan intelijen tidak lagi melalui jalur darat, melainkan dunia siber.

BACA JUGA: Ingat! Dana Ristek Buan untuk Beli AC dan Studi Banding

“Telah muncul berbagai ancaman dalam bentuk dunia baru. Seperti cyber war, proxy war, perang asimetris, cyber terorism, dan perang spionase,” kata Ngasiman Djoyonegoro dalam peluncuran dan bedah bukunya berjudul Intelijen di Era Digital: Prospek dan Tantangan Membangun Ketahanan Nasional di Menara Batavia, The President Lounge, Jakarta Pusat, Rabu (10/1).

Buku itu ditulis dengan pendekatan ilmiah populer. Buku yang terdiri dari empat bab itu membahas berbagai isu penting dan genting mengenai dunia intelijen.

BACA JUGA: Abdul Somad Dideportasi, FPI Curiga Ada Permainan Intelijen

Menurut Ngasiman, era digital dewasa ini memunculkan beberapa istilah.

Di antaranya, low intensity wars (perang intensitas rendah), small wars (perang-perang kecil), network centric warfare (perang berpusat pada jejaring), fourth generation wars (perang generasi keempat), non-conventional/hybrid wars (perang nonkonvensional), dan asymmetric wars (perang asimetris).

BACA JUGA: Direktur Eksekutif CISS Puji Diplomasi Sukhoi Panglima TNI

Dia menambahkan, dalam satu dasawarsa pertama abad ke-21, jumlah orang yang terhubung ke internet melesat jauh.

Yakni, dari 350 juta menjadi dua miliar pengguna. Pada tempo yang sama, jumlah pengguna seluler melambung dari 750 juta menjadi lima miliar.

“Artinya, pada tahun-tahun mendatang, dunia sudah dalam genggaman digital. Siapa yang menguasai digital berarti menguasai dunia,” tambah Ngasiman.

Menurut Ngasiman, situasi itu membuat intelijen menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan Indonesia.

Dia menjelaskan, intelijen harus mampu memahami bentuk ancaman kejahatan berskala lokal maupun global.

Menurut dia, peperangan yang dulunya identik dengan senjata, peluru, pembunuhan, dan pengeboman, telah bergeser seiring dengan perkembangan teknologi.

“Kita bayangkan, kelompok teroris, perbankan hingga profiling terhadap orang dan perusahaan, melakukan aksinya dengan dukungan digital. Tak hanya itu, penyebaran informasi hoaks bernada SARA yang dapat memecah persatuan bangsa sekarang juga berlangsung melalui perangkat digital,” tegas Ngasiman.

Ngasiman mencatat, sepanjang 2017 lalu, ada 205.502.159 serangan siber yang menyerbu pertahanan digital Indonesia.

Serangan itu mulai hoaks, peretasan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU), peretasan website pemerintah dan BUMN, hingga serangan ransomware yang secara langsung meminta tebusan kepada masyarakat. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anak Buah Prabowo Dorong BIN Makin Melek Teknologi Digital


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler