Telur, Cegah Obesitas hingga Atasi Lemah Syahwat

Selasa, 15 Maret 2011 – 14:42 WIB
DARI seluruh bahan makanan yang ada, telur dipandang sebagai pilihan terbaik untuk dikonsumsi sehari-hariDemikian antara lain diungkapkan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin, Prof Dr Veni Hadju MSc PhD

BACA JUGA: Kopi Hasilkan Risiko Stroke Lebih Rendah Pada Wanita

Menurut dia, sebutir telur mengandung zat gizi lengkap yang sangat diperlukan tubuh
"Bahan makanan yang paling bagus itu telur

BACA JUGA: Pemanfaatan Teknologi Nano Masih Minim

Memiliki kandungan mineral dan vitamin yang sangat diperlukan tubuh," katanya.

Veni menambahkan, ditinjau dari segi ekonomi, telur merupakan bahan makanan yang paling murah dibanding bahan makanan yang lain
"Dari segi penyajiannya juga mudah, direbus, digoreng, apa pun bisa dilakukan dalam mengolah telur menjadi makanan siap santap," tuturnya.

Tidak hanya itu, mengonsumsi telur juga sangat mengenyangkan

BACA JUGA: Garam Atasi Bau Kaki

Terlebih, semua kandungan protein dan zat gizi di dalamnya terpenuhiMakan telur 1-2 butir tiap hari membuat orang gampang merasa kenyang sehingga bisa menurunkan berat badan.

Telur selama ini dianggap sebagai makanan yang tinggi kalori dan menyebabkan kolesterol tinggiTernyata kandungan kalori telur ukuran sedang hanya 80 kalori.

Menurut Veni, sebutir telur bukanlah penyumbang kolesterol utama dalam tubuh"Dari sebutir telur sumbangsihnya hanya 20 persen dari total kadar kolesterol yang ada di dalam tubuhMakan sebutir telur tiap hari mencukupi kebutuhan 20 persen konsumsi harian manusia," ujarnya.

Hal ini mendapat pembenaran dari temuan terbaru yang didanai oleh British Egg Industry CouncilPenelitian itu mengatakan bahwa satu atau dua telur sehari tidak berpengaruh pada kolesterol total bagi kebanyakan orang.

Ada manfaat gizi yang nyata bila makan telur tiap hariBukti menunjukkan bahwa telur dapat berguna untuk mengenyangkan, mengendalikan berat badan, dan juga untuk kesehatan mataDengan demikian, setelah makan telur, orang tidak perlu lagi berlebihan mengonsumsi makanan lainnya.

Hanya, Veni menambahkan, seseorang harus hati-hati mengonsumsi telur bila memiliki kadar kolesterol lebih dari 250 miligram per liter"Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi telur tiap hariCukup satu butir telur untuk dua hari, atau mengonsumsi dua butir telur dalam seminggu," sebutnya.

Telur bisa dianggap "makanan super" karena selain dapat meningkatkan kesehatan, juga dapat melawan obesitasMenurut ahli gizi, makan telur satu butir sehari dapat menurunkan berat badan.

Peneliti menemukan bahwa telur tidak hanya rendah kalori, tetapi juga merupakan sumber kaya protein dan dikemas dengan zat gizi yang penting bagi kesehatan, terutama vitamin D, vitamin B12, selenium, dan kolinTelur adalah makanan ideal pada setiap tahap kehidupan serta mudah dimasak dan menyenangkan untuk dimakan.

Sebuah laporan juga menegaskan bahwa di antara makanan protein, telur mengandung campuran asam amino esensial terkayaIni sangat penting untuk anak-anak, remaja, dewasa muda karena keseimbangan yang tepat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikanDalam telur juga ditemukan antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu mencegah penuaan terkait macular degeneration yang menyebabkan kebutaanKonsumsi telur secara wajar juga diyakini memperbaiki metabolisme yang berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes.

Kelompok-kelompok tertentu yang mendapatkan manfaat dengan makan lebih banyak telur yaitu kaum muda, pecinta daging dan orang-orang yang menghindari susuRendahnya kadar vitamin D dikaitkan dengan sejumlah kondisi medis seperti kerusakan tulang, kanker, penyakit jantung, multiple sclerosis, gangguan kekebalan tubuh dan masalah-masalah kesehatan mental.

"Kandungan vitamin A pada kuning telur itu sangat tinggi, sehingga bila mengonsumsi telur teratur diyakini bisa mencegah kebutaan diniTelur membantu memperlambat terjadinya kebutaan akibat proses degenerasiIndonesia ini lima tahun lebih cepat terjadi kebutaan dari sisi rata-rata orang buta dibanding dengan negara-negara maju," terang VeniDengan harga yang sangat terjangkau, tidak heran, para ahli merekomendasikan konsumsi 1-2 butir telur sehari.

Manfaat lain telur adalah membentuk dan memperkuat hormon seksTerutama telur bebekDrBambang Sukamto, D.M.S.Hdari On Clinic, Jakarta, membenarkan hal tersebutMenurut dia, telur bebek banyak mengandung lemak dan protein yang kandungannya membantu pertumbuhan sperma dan hormon testosteron.

"Ya, telur bebek memang banyak mengandung lemak dan protein, yang kandungannya membantu pertumbuhan sperma dan hormon testosteron, dan tentu menjadi bagus guna meningkatkan kinerja seks," ujarnya sebagaimana dilansir dari konsultasi online On Clinic.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, secara medis, telur bebek malah bisa dijadikan alat bantu untuk penyembuhan lemah syahwat dengan mengonsumsi dua butir sehariDan, alangkah baiknya diminum dengan madu atau jamu, disertai dengan sayuran dan makanan yang mengandung zinc seperti kerang dan tiramMakanan yang mengandung zinc membantu pertumbuhan hormon testosteron dan sperma.

"Tetapi bila gairah sudah kembali normal, konsumsi telur bebek cukup satu butir sehari atau empat butir dalam satu mingguSebaiknya pilih telur bebek kampung karena masih alami, belum terkontaminasi oleh zat kimia seperti telur yang diproduksi oleh pabrik," kata Bambang(jpnn/c1/fik)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Durian dan Kakao Bisa jadi Antibiotik Alami


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler