Temuan Mengejutkan Soal Perbandingan Tingkat Obesitas di Negara Miskin dan Kaya

Selasa, 01 Agustus 2017 – 14:44 WIB
Penderita obesitas. Foto/ilustrasi: Daily Telegraph

jpnn.com - Masalah obesitas global saat ini memengaruhi 1 dari 10 orang di dunia, meningkat di negara-negara kaya dan miskin, terutama semakin meningkat pada anak-anak daripada orang dewasa, menurut sebuah studi baru.

Para peneliti memperkirakan lebih dari 107 juta anak-anak dan 603 juta orang dewasa kini mengalami obesitas.

BACA JUGA: Astaga! Semakin Banyak Orang Jadi Gemuk Saat Ini

Penelitian tersebut menemukan bahwa obesitas telah meningkat tiga kali lipat pada anak-anak dan dewasa muda di negara-negara seperti Tiongkok, Brazil dan Indonesia.

Jumlah tersebut tentunya sangat mengganggu karena ini berarti lebih banyak orang muda kini berada di jalur untuk tetap menjadi gemuk saat mereka dewasa kelak dan mengalami masalah seperti diabetes, penyakit jantung dan berbagai jenis kanker.

BACA JUGA: Kelebihan Berat Badan dan Kaitannya dengan Pertumbuhan Sel Kanker

Studi ini dipimpin oleh sebuah tim di University of Washington di Seattle. Studi ini diterbitkan secara online oleh New England Journal of Medicine dan dipresentasikan pada pertemuan sains dan kebijakan pangan di Stockholm.

Periset membuat asumsi dan menggunakan pemodelan matematika untuk mengisi kekosongan.

BACA JUGA: Tahukah Anda, Obesitas Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Ginjal Kronis

" Inilah gambaran terbaik yang ada di dunia saat ini, obesitas global," kata seorang ahli diabetes di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S, Edward Gregg, seperti dilansir laman Yahoo Health, Minggu (30/7).

Beberapa temuan tim peneliti adalah:

1. Obesity rates meningkat dua kali lipat di 73 negara antara tahun 1980 dan 2015. Negara-negara di mana obesitas tidak meningkat secara signifikan termasuk Afghanistan, Bulgaria, dan Republik Demokratik Kongo.

2. Di seluruh dunia, sekitar 5 persen anak-anak dan 12 persen orang dewasa mengalami obesitas pada tahun 2015. Di A.S. sekitar 17 persen anak-anak dan 38 persen orang dewasa mengalami obesitas, menurut perkiraan CDC sebelumnya.

3. Di antara 20 negara terbesar, Amerika Serikat memiliki tingkat obesitas tertinggi di kalangan anak-anak dan dewasa muda. Bangladesh memiliki angka terendah.

4. Egypt memiliki tingkat tertinggi orang dewasa obesitas. Vietnam memiliki tingkat terendah.

5. Amerika Serikat memiliki jumlah orang dewasa obesitas terbesar pada tahun 2015, dengan 79 juta. Tiongkok berada di urutan kedua dengan 57 juta orang dewasa gemuk.

6. Tiongkok memiliki jumlah anak obesitas terbesar, dengan 15 juta. India memiliki 14 juta.

Globally, sekitar 4 juta kematian telah dikaitkan dengan kelebihan berat badan atau obesitas pada tahun 2014.

Beberapa kabar baiknya adalah bahwa perbaikan dalam pengobatan dan jenis perawatan kesehatan lainnya tampaknya bisa membantu seseorang bertahan hidup lebih lama bahkan jika mereka memiliki masalah kesehatan terkait berat badan.

"Periset tidak menemukan peningkatan tingkat kematian dan kecacatan terkait berat badan," Gregg mengamati.

"Namun dengan tingkat obesitas yang meningkat, ada kebutuhan mendesak akan nutrisi yang lebih baik dan upaya lain untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat," kata Dr. Ashkan Afshin, penulis utama studi tersebut.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Stres Membuat Anda Gemuk?


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Obesitas  

Terpopuler