Temui Ketua DPRD NTB, Sejumlah Elemen Masyarakat Usul Lalu Niqman Zahir jadi Pj Gubernur

Kamis, 25 Mei 2023 – 18:55 WIB
Sejumlah elemen masyarakat menyerahkan berkas kepada Ketua DPRD NTB Baiq Isvie Rupaeda yang mengusulkan nama Lalu Niqman Zahir yang sekarang menjabat sebagai Deputi Bidang Administrasi Setjen DPR RI menjadi Pj Gubernur NTB, Kamis (25/5). Foto: source for jpnn

jpnn.com, MATARAM - Lalu Niqman Zahir yang sekarang menjabat sebagai Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD RI diusulkan menjadi calon penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Usulan dan rekomendasi dari berbagai elemen masyarakat NTB disampaikan terkait segera berakhirnya masa jabatan Zulkiefimansah dan Sitti Rohmi Djalillah sebagai Gubernur dan Wagub NTB pada 19 September 2023 mendatang.

BACA JUGA: Sejumlah Kontraktor Mencari Mobil Dinas Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Tegang

Dalam kesempatan audiensi dengan Ketua DPRD NTB Baiq Isvie Rupaeda dan pimpinan dewan lainnya, Muzhir pada Kamis (25/5), seluruh perwakilan elemen masyarakat menyampaikan kapabilitas Lalu Niqman Zahir sebagai putra daerah yang memiliki treck record yang baik.

“Lalu Niqman Zahir adalah putra asli NTB dan secara eselon sudah memenuhi syarat karena beliau eselon satu," kata Tajir Asyjar Djr, sekretaris Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) NTB.

BACA JUGA: Beli BBM Bersubsidi di NTB Wajib Pakai QR Code, Catat Waktu Berlakunya

Selain itu, lanjut Tajir, jenjang karier Lalu Niqman Zahir juga tidak diragukan.

"Beliau meniti karier dari bawah hingga saat ini menjadi Deputi Bidang Administrasi Setjen DPD RI,” sebutnya.

Senada juga disampaikan elemen masyarakat NTB lainnya, seperti Ketua dan Sekretaris APDESI Mastur dan Tajudin, Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Abdul Rasyid Zaenal, Ketua AKAD Syahril, Ketua Kaukus Muda Pulau Sumbawa M Yunus Asfiah, MUI, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda NTB.

Ketua AKAD NTB Syahril menegaskan pihaknya hanya ingin penjabat gubernur selama hampir dua tahun ke depan adalah orang NTB yang tahu bagaimana daerah ini dan punya netralitas menghadapi tahun politik 2024 sehingga nantinya tidak ada keberpihakan saat pemilihan gubernur.

"Intinya, kami ingin Lalu Niqman Zahir menjadi salah satu nama yang diusulkan sebagai penjabat Gubernur NTB,” tegas Syahril.

Ketua Kaukus Muda Pulau Sumbawa M Yunus Asfiah menambahkan pertimbangan pihaknya memberikan dukungannya kepada Lalu Niqman Zahir lantaran secara administrasi, pejabat Setjen DPD itu memenuhi syarat untuk ditunjuk dan ditetapkan sebagai Pj Gubernur NTB sebagaimana amanat peraturan perundang-undangan.

“Lalu Niqman Zahir juga putra daerah yang sangat mengenal dan memahami kondisi dan konstruksi sosial dan budaya masyarakat NTB," ungkap Yunus Asfiah.

Sisi lainnya, lamjut Yunus, Lalu Niqman Zahir memiliki kecakapan, kemampuan dan kapabelitas dalam memimpin NTB.

Hal ini ditandai dengan latar belakang kariernya dari jabatan Sekretaris Camat Gangga, Kabupaten Lombok Utara hingga menduduki jabatan Deputi Bidang Administrasi Setjen DPD RI.

Lalu Niqman Zahir juga dinilainya memiliki kecakapan dan kemampuan dalam mengatur dan mengelola sistem administrasi pemerintahan, khususnya dalam aspek tata kelola pemerintahan.

“Paling pokok adalah Lalu Niqman Zahir memiliki kemampuan dan kecakapan dalam membangun koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak. Khususnya koordinasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan dan organisasi sosial kemasyarakatan,” tegas Yunus.

Ketua DPRD NTB Isvie Rupaeda saat menerima para loyalis Lalu Niqman Zahir ini menyampaikan pihaknya akan menampung dan meneruskan aspirasi masyarakat.

“Kami akan meneruskan aspirasi Bapak dan Ibbu dalam rapat komisi yang membahas penjabat Gubernur NTB dan akan diputuskan melalui rapat paripurna yang nantinya akan diusulkan ke presiden melalui Mendagri,” ujar Isvie Rupaeda.

Isvie menyebutkan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seorang Pj Gubernur NTB, salah satunya eselon satu.

“Nah, kalau memang dari tiga orang yang akan diusulkan nanti, ada satu yang terbaik dan memenuhi syarat, ya kami akan usulkan satu saja,” kata Isvie.

Sebagai informasi, total ada 33 orang dari berbagai unsur dan organisasi yang menyampaikan aspirasi ke DPRD NTB terkait usulan nama Lalu Niqman Zahir sebagai penjabat gubernur.

Salah satu yang hadir adalah mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram Arsyad Gani.

Adapun berkas usulan dan rekomendasi dari berbagai elemen masyarakat NTB yang mendukung Lalu Niqman Zahir sebagai penjabat gubernur telah diserahkan dan diterima langsung Ketua DPRD NTB Isvie Rupaeda didampingi pimpinan dewan lainnya, Muzihir. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler