Tendangan El Loco, Timnas Sudah Unggul 1-0

Minggu, 19 Desember 2010 – 20:24 WIB
Foto: Charlie/Indopos

JAKARTA—Christian ‘El Loco’ Gonzales menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang tim Garuda dalam Piala AFF Suzuki Cup 2010 dalam leg kedua Indonesia kontra Filipina di Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (19/12)Tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti pemain Persib Bandung ini berhasil menjebol gawang Filipina yang dikawal Neil Leonard Etheridge.

Gol ini tercipta melalui upaya Gonzales sendiri yang selalu ngotot mengejar bola sepanjang pertandingan

BACA JUGA: Penghargaan Kedua Beckham dari BBC

Meski dijaga dua pemain lawan, ia mencoba melepaskan tendangan dan upaya pertamanya itu masih terhalang kaki Boromeo.

Tapi, bola kembali berhasil direbutnya dan ia kembali melepaskan tendangan kedua kalinya
Kali ini, dengan akurasi yang baik, bola bersarang di sudut kanan gawang yang dikawal Etehridge

BACA JUGA: Meski Hadapi Kasus MK, Tetap Nonton Garuda

Sontak saja GBK bergemuruh menyambut gol El Loco ini.

Golnya boleh dikata penebusan dosa dalam pertandingan malam itu
Pasalnya, sebelum itu ia menyia-nyiakan setidaknya tiga peluang emas

BACA JUGA: Pintu Timnas Terbuka buat Anelka

Menit ke 20, headingnya menyambut umpan Muhammad Nasuha dari sisi kiri gawang hanya jatuh tepat di genggaman etehridge.

Setelah itu, menerima umpan Muhammad Ridwan yang melakukan akselerasi dari sisi kanan lapangan juga tak mampu dimaksimalkannya menjadi sebuah golPadahal, El Loco telah berdri bebas dan gawang telah ditinggalkan EtheridgeTendangan kaki kanan El Loco tak mengenai bola.

Menit ke 35, El Loco yang telah berhadapan dengan kiper lawan sekali lagi gagal menjebol gawangIa mendapatkan umpan dari lapangan tengah setelah Ahmad Bustomi dilanggar pemain lawanBaru di menit ke 42 baru El Loco mampu menciptakan gol ketiganya dalam piala AFF kali iniGol ini menempatkannya sebagai top skorer sementara ajang ini.

Sejak awal babak pertama kedua tim sudah langsung bermain menyerangSepuluh menit awal keduanya bermain terbuka dan bergantian menggempur pertahanan lawanIndonesia melalui Muhammad Nasuha dan Oktovianus Maniani dari sisi kiri beberapa kali menerobos pertahanan Filipina yang digalang Alexandre Boromeo.

Gonzalez dan tandem barunya Yongy Aribowo bermain bagus dan menyulitkan para pemain bertahan lawanDari sisi kiri Zulkifly Syukur pun memperlihatkan kapasitasnya dengan beberapa kali menerobos ke depanKoordonasi para pemain tengah juga terlihat berjalan baik.

Seperti biasa, permainan Filipina lebih menonjolkan Philip dan James YounghusbandIa Araneta yang menjadi pasangan Philip menjadi tandem yang baikSerangan balik Filipina tak kalah berbahaya dan mengancam gawang Indonesia yang dikawal Markus Horison.

Filipina tetap bermain ngototTapi mulai keras hingga tiga pemainnya mesti mendapatkan kartu kuningBeberapa kali tampak pemain asuhan pelatih Simon Mc Menemy ini coba memprovokasi pemaik IndonesiaTapi, itu tak berpangaruh dan Indonesia bermain makin baik.

Gol Gonzales itu menjadi satu-satunya yang tercipta di pertandingan babak pertamaHingga peluit tanda babak pertama berakhir dibunyikan, Filipina tak mampu merubah kedudukan.

Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl melakukan sedikit perubahan pada skuadnya saat pertandingan leg kedua Piala AFF Suzuki 2010Irfan Bahdim tak dipasang dan posisi striker yang ditinggalkannya digantikan Yongki Ariwibowo.

Tidak diturunkannya Irfan ini diharapkan dapat mempertajam serangan tim GarudaDiketahui, Yongky sendiri tak kalah tajam dengan IRfanRiedl dan publik sepakbola Indonesia berharap Yongky bermain cemerlang seperti di klubnya.

Yongky merupakan pria kelahiran 23 November 1989 di Tulungagung, Jawa TimurNapas mudanya diharapkan bisa mempersembahkan banyak golPemain asal Arema Malang ini mesti mampu membuktikan kepercayaan pelatihnyaKecemerlangan Yongky juga diharapkan bisa membuka ruang bagi Gonzales yang dikenal jarang melepaskan peluang menciptakan gol.(sto/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Asongan Bebas Gelar Dagangan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler