Terbangi Chengdu, Garuda Target Penumpang dari Tiongkok Naik 10 Persen

Jumat, 09 Mei 2014 – 22:15 WIB
Garuda Indonesia berencana menambah rute baru ke Tiongkok, yaitu Chengdu. Sebelum akhir tahun 2014 diharapkan rute Jakarta-Chengdu bisa terealisasi. Foto: Dok/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - PT Garuda Indonesia tahun ini berencana menambah satu rute baru ke Tiongkok, yaitu Chengdu. Ditargetkan pada semester II 2014 rencana ini bakal berjalan.

Penambahan rute ini dilakukan mengingat pertumbuhan jumlah penumpang dari Tiongkok ke Indonesia terus meningkat, sejalan dengan terus melonjaknya jumlah penduduk di sana dan pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA: Trikomsel OKe akan Tambah 150 Gerai

"Saat ini Garuda sudah menerbangi tiga kota yaitu Beijing, Shanghai, dan Guangzhou. Sebelum akhir tahun 2014 akan ditambah satu kota ke Chengdu," ucap Vice President Tiongkok Region Garuda Indonesia, I Wayan Subagia di Cengkareng, Jumat (9/5).

Saat ini pihaknya tengah menuntaskan kajian rute penerbangan baru ke Chengdu, termasuk mempersiapkan berbagai hal terkait dengan perizinan dan penyediaan pesawat.

BACA JUGA: Anak Usaha PGN Akuisisi Blok Gas AS

Selama ini Garuda telah menerbang tiga kota di Tiongkok dengan frekuensi masing-masing tujuh kali dalam sepekan. Dengan tingkat isian penumpang penerbangan rute Jakarta-Beijing yang dilayani satu unit AirBus 330 sebanyak 150 penumpang per hari, penerbangan ke Shanghai dengan A320 dengan rata-rata 100 penumpang per hari. Sedangkan ke Guangzhou dengan pesawat Boeing 777 dengan rata-rata 40 penumpang per hari.

"Dengan begitu total penumpang yang dilayani Garuda dari Jakarta ke Tiongkok mencapai sekitar 105.840 orang per tahun. Dengan penambahan rute baru Chengdu, diharapkan akan meningkat sekitar 10 persen dibanding jumlah penumpang yang dilayani Garuda saat ini," harapnya.

BACA JUGA: Datsun Murah Meluncur Juni

Namun hingga saat ini Wayan belum bisa memastikan rute Garuda ke Chengdu apakah akan dilayani dari Jakarta atau Bali.

"Masih dikaji. Kalau Chengdu-Jakarta tentu bisa terkoneksi ke kota-kota besar lain di Indonesia, sedangkan jika rute Chengdu-Denpasar, maka dipastikan lebih fokus melayani para turis yang melancong ke Pulau Dewata," tukas Wayan.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beli Lahan di Australia, RNI Tunggu USD Stabil


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler