Terbanyak Lulus SNMPTN dari Jatim, Bu Khofifah Senang

Rabu, 27 Maret 2019 – 16:19 WIB
Khofifah Indar Parawansa. Foto: Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Dari 93.321 jumlah peserta SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) 2019 yang lolos ke PTN, sebanyak 13.737 orang berasal dari Jatim.

Dengan demikian, Jawa Timur (Jatim) menjadi provinsi dengan jumlah siswa terbanyak yang lolos SNMPTN 2019.

BACA JUGA: 6 Prodi yang Paling Diminati pada SNMPTN

“Ini prestasi yang membanggakan. Saya berharap capaian ini diikuti dengan prestasi lainnya,” ungkap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah mengatakan, untuk peringkat kedua dan ketiga, ditempati oleh Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Utara. Yakni dengan jumlah peserta SNMPTN yang lolos masing-masing sebanyak 9.392 orang siswa dan 7.937 orang siswa.

BACA JUGA: Namanya Disebut Romi, Khofifah Siap Klarifikasi ke KPK

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, sebanyak 2.769 siswa di antaranya merupakan peserta program Bidikmisi. Yakni program bantuan biaya kuliah untuk yang tidak mampu secara ekonomi, tapi mempunyai prestasi akademik. Seluruh siswa asal Jatim tersebut akan menyebar di 85 perguruan tinggi diseluruh Indonesia.

BACA JUGA: 6 Prodi yang Paling Diminati pada SNMPTN

BACA JUGA: Pengumuman SNMPTN 2019: Ini 10 PTN Penerima Peserta Terbanyak

Mantan Menteri Sosial ini meminta kepada peserta yang lolos agar segera melakukan pendaftaran ulang. Ia juga mengimbau kepada yang belum lulus untuk tidak berkecil hati.

“Untuk masuk perguruan tinggi negeri masih bisa melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Red) dan jalur mandiri universitas. Asal mau belajar, insya Allah bisa lolos dan menyusul,” tuturnya.

Keterangan Khofifah juga diperkuat pernyataan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir. Menurutnya jumlah peserta SNMPTN 2019 terbanyak berada di Provinsi Jatim. Selain itu, jumlah siswa yang diterima pun terbanyak di Provinsi Jatim.

“Kalau kita lihat dari nasional, kita lihat persentase pendaftar dan yang diterima, paling tinggi di Jatim. Yang diterima itu sebanyak 13.737 siswa,” katanya.

Nasir mengatakan, bagi siswa yang sudah lolos tahap SNMPTN 2019 tidak diperkenankan kembali mendaftar SBMPTN.

BACA JUGA: Pengumuman SNMPTN 2019: Ini 10 PTN Penerima Peserta Terbanyak

“Banyak mereka calon mahasiswa yang telah mendaftar di SNMPTN lalu kemudian diterima. Setelah dia diterima kemudian dia tidak registrasi ulang namun dia mendaftar di SBMPTN. Akibatnya banyak kursi yang ada di SNMPTN ini kosong,” pungkasnya. (mus/nur)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Strategi Pemprov Jatim Genjot Investasi


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler