Terhasut Ucapan Donald Trump, Tiga Rakyat Jelata Ini Ditangkap FBI

Selasa, 19 Januari 2021 – 13:39 WIB
Para pendukung Donald Trump menyerbu Gedung Kongres AS, Capitol, di Washington, Amerika Serikat, Rabu (6/1). ANTARA/REUTERS/Shannon Stapleton/tm

jpnn.com, NEW YORK - FBI telah menangkap seorang pensiunan petugas pemadam kebakaran, seorang mahasiswa mode, dan seorang pria dari Iowa terkait penyerbuan Gedung Capitol Amerika Serikat.

Nicolas Moncada, mahasiswa berusia 20 tahun di Fashion Institute of Technology, ditangkap di rumahnya di Staten Island, New York, Senin (18/1).

BACA JUGA: Donald Trump Benar-Benar Memalukan, Belum Ada Presiden Amerika Seperti Dia

Menurut media lokal, pihak universitas telah berbagi informasi dengan FBI tentang unggahan media sosial yang menunjukkan Moncada berada di Capitol saat insiden kerusuhan yang telah mencoreng citra Amerika Serikat sebagai negara demokrasi.

FBI juga menangkap Thomas Sweeney, 53, seorang pensiunan Departemen Pemadam Kebakaran New York atas tuduhan yang sama. Pria itu telah didakwa, tetapi tidak ditahan.

BACA JUGA: Donald Trump Sebentar Lagi Tamat, Ribuan Imigran Serbu Perbatasan Amerika Serikat

Di Iowa, masih pada hari yang sama, aparat menangkap Leo Kelly setelah wawancara video yang diunggah dalam jaringan internet menggambarkan dia sebagai salah satu orang-orang pertama yang mendobrak gedung Capitol dan masuk ke dalam dengan lusinan lainnya.

Warga Cedar Rapids itu menghadapi tuduhan menerobos masuk suatu tempat dengan cara melanggar hukum dan tuduhan bertindak tidak tertib.

BACA JUGA: Diblokir Facebook, Twitter dkk, Donald Trump Murka Sebut Medsos Pemecah Belah Bangsa

Seperti diketahui, ribuan orang merangsek gedung Capitol AS pada 6 Januari dengan tujuan mencoba mencegah Kongres mengesahkan kemenangan politisi Demokrat Joe Biden atas Presiden Donald Trump dari Partai Republik.

Insiden memalukan tersebut merupakan buah dari propaganda yang disuarakan Donald Trump dan sekutunya selama berbulan-bulan untuk mendiskreditkan hasil pemilu AS.  

Otoritas federal telah mengajukan tuntutan pidana terhadap lebih dari 100 orang dalam penyelidikan mereka terhadap perangsekan kantor Capitol dan serangan terhadap polisi. Lima orang tewas dalam kerusuhan itu, termasuk seorang petugas Kepolisian Capitol.

Di antara 10 orang yang ditangkap selama akhir pekan adalah Timothy Hale-Cusanelli, dari Colts Neck, New Jersey, anggota tentara cadangan Angkatan Darat AS yang sehari-harinya bekerja sebagai pekerja kontrak untuk Angkatan Laut. Status dan pekerjaan tersebut memberinya izin keamanan untuk mendapatkan informasi rahasia dan akses ke senjata api.

Seorang informan mengatakan kepada penyelidik bahwa Hale-Cusanelli adalah "seorang supermasis (pengikut doktrin keunggulan rasial) kulit putih yang dibaiat dan simpatisan Nazi" yang mengunggah video daring yang mengamini opini politik ekstrem. (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler