Terima Tanda Kehormatan dari Presiden, Menko Airlangga: Terima kasih

Rabu, 14 Agustus 2024 – 21:30 WIB
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengucapkan terima kasih dan mempersembahkan tanda kehormatan yang diterima dari Presiden Jokowi pada Kemenko Perekonomian. Foto: Kemenko Perekonomian.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8).

Tanda kehormatan diberikan berdasarkan Keppres 104/TK/TH 2024 tanggal 9 Agustus 2024 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama.

BACA JUGA: Menko Airlangga Pastikan Pemerintah Terus Dorong Kemajuan Industri Pupuk di Indonesia

Tanda kehormatan merupakan penghargaan negara yang diberikan presiden kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas darmabakti dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara.

"Menyambut momen HUT ke-79 Kemerdekaan RI, komitmen untuk menjaga perekonomian nasional tetap pada koridor tujuan bangsa menjadi amanah penting yang harus terus dipegang oleh Kemenko Perekonomian," ujar Airlangga sesuai menerima tanda kehormatan.

BACA JUGA: Menko Airlangga Sebut SK Biru dan Hijau Terbit Demi Kepastian Hak atas Tanah

Dia menilai penghargaan yang diberikan maupun keberhasilan yang telah dicapai benar-benar menjadi penyemangat untuk bekerja lebih baik lagi.

Selain itu, juga menjadi momentum membangun kepercayaan diri untuk menjawab seluruh tantangan ke depan.

BACA JUGA: Menko Airlangga dan Elite PKT Bahas Peningkatan Kerja Sama 2 Negara

Untuk diketahui, perekonomian Indonesia dapat bangkit di tengah melemahnya perekonomian dunia akibat COvid-19.

Perekonomian Indonesia mampu membuktikan diri menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbaik di dunia yang dapat keluar dari tekanan.

Hal tersebut menegaskan fundamental perekonomian nasional yang kuat telah menjadi salah satu unsur yang berperan sangat penting menjadikan kemerdekaan yang diperoleh sebagai gerbang Indonesia menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Dalam hal ini peran Menko Airlangga sangat penting. Dia bahkan menunjukkan kemampuan tetap menjaga resiliensi perekonomian nasional agar terus tumbuh dengan tangguh serta turut mengendalikan inflasi tetap pada kisaran sasaran.

Perekonomian Indonesia mampu tumbuh stabil di 5,05 persen (yoy) dan inflasi terjaga di kisaran sasaran sebesar 2,13 persen (yoy) pada Juli 2024.

Selain itu, Indonesia juga terus didorong untuk dapat terus meningkatkan daya saing ekonomi dan menciptakan iklim investasi yang kondusif serta mampu menyiapkan sumber daya manusia yang adaptif dalam menghadapi era ekonomi digital.

Sejalan dengan peran penting tersebut, Menko Airlangga juga telah menjalin berbagai kerja sama ekonomi di level global, baik bilateral, regional maupun secara multilateral.

Hal ini tidak saja menempatkan Indonesia pada posisi strategis untuk turut menentukan arah perekonomian global.

Namun juga menjadikan Indonesia memiliki kemampuan untuk memperjuangkan berbagai kepentingan negara berkembang seperti halnya menolak diskriminasi sawit Uni Eropa melalui implementasi EU Deforestation–Free Regulation (EUDR).

Dalam pelaksanaan tugasnya, Menko Airlangga juga berhasil mengemban sejumlah penugasan strategis yang diberikan.

Di antaranya, sebagai Ketua Komite Cipta Kerja, Ketua Bidang Sherpa Track G20, Ketua Tim Percepatan Kebijakan Satu Peta, Ketua Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Kemudian, Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat, Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Ketua Pelaksana Tim Nasional Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Ketua Komite Pengarah Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Jabatan lain, Koordinator IndoPacific Economic Framework (IPEF), hingga Ketua Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Terima kasih, saya mempersembahkan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama ini untuk seluruh jajaran Kemenko Perekonomian. Perjalanan ini adalah perjalanan panjang dalam keadaan Indonesia tidak biasa-biasa saja dan dunia tidak biasa-biasa saja,” kata Menko Airlangga. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Presiden Joko Widodo Bekerja di IKN Selama Tiga Hari


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler