Terinspirasi Kisah Nyata, Film Indonesia Dari Timur Segera Tayang

Minggu, 10 Desember 2023 – 05:05 WIB
Salah satu adegan dalam film Indonesia Dari Timur. Foto: Dok. Bhinneka Multi Media

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah film terbaru yang berjudul Indonesia Dari Timur siap menghibur pencinta film tanah air.

Indonesia Dari Timur merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata, menyampaikan semangat dan kebersamaan Indonesia lewat sepak bola, terinspirasi dari sebuah perjuangan menuju ke masa depan yang penuh harapan.

BACA JUGA: Fesbul 2023 Gelar Malam Anugerah, 20 Film Pendek Masuk Nominasi

Film garapan produser Ari Sihasale dan Nia Sihasale tersebut disutradarai juga oleh Ari Sihasale.

Para pemain yang terlibat dalam film Indonesia Dari Timur yakni Ibnu Jamil, Ari Sihasale, Donny Alamsyah, Marcellino Lefrandt, Dinda Ghania.

BACA JUGA: Lola Amaria Gelar Nonton Bareng Film Eksil Sambil Berdonasi untuk Palestina

Selain itu, pemeran memperkenalkan bintang-bintang muda sepak bola dari Papua, Yesaya Kogoya, Richardo Youwe, Yulianus Yual, Karel Fonataba, Michael Twenty.

Bisa dinikmati oleh semua umur, Indonesia Dari Timur dibalut dalam nuansa keindahan alam Indonesia yang ada di provinsi Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan.

BACA JUGA: Perempuan Dalam Film Hadir Perdana di Surabaya

Film produksi Bhinneka Multi Media bersama dengan Alenia Pictures, Indonesia Dari Timur itu bisa segera dinikmati segera di bioskop-bioskop seluruh tanah air.

"Film ini mampu mengobarkan api yang 'Manyala' untuk generasi muda Indonesia yang terinspirasi dari semangat Indonesia dari Timur," kata Eksekutif Produser, Helmalia Putri, Sabtu (9/12).

Produser Nia Sihasale Zulkarnaen mengatakan Indonesia Dari Timur adalah bentuk cinta kepada Tanah Air Indonesia.

Terinspirasi dari sepak bola sebagai olah raga pemersatu bangsa yang dicintai seluruh rakyat Indonesia, cerita diangkat dari sebuah kisah nyata dari tanah Papua.

"Film ini mengenai sepak bola yang diperankan oleh bintang bintang muda sepak bola dari Papua," jelasnya.

Sementara itu, produser sekaligus sutradara, Ari Sihasale menyatakan kepercayaan membuat film Indonesia Dari Timur diawali dengan sebuah ide kreatif dalam sebuah cerita di atas kertas, serta dukungan dari banyaknya pihak.

Menurutnya, film tersebut menyuarakan gudang talenta sepak bola di Indonesia yang diwakilkan Papua.

Produksi film diselenggarakan di Wamena, Timika, dan Jayapura disertai stadion yang megah, dengan penokohan yang kuat dengan banyaknya adegan yang begitu mengagumkan dalam keindahan tanah Papua.

"Film ini dibuat untuk diingat oleh banyak khalayak, khususnya anak anak muda Indonesia dengan segudang talenta. Indonesia Dari Timur bentuk karya untuk mengobarkan semangat persatuan, karena kitorang Manyala," beber Ari Sihasale.

Sinopsis Indonesia Dari Timur:

Berawal dari Edu seorang pilot senior yang melayani rute-rute perintis di Papua, mendapatkan tugas dari Simon, pemilik perusahaan penerbangan untuk membangun sebuah tim sepakbola.

Tim tersebut dipersiapkan untuk bertanding dalam sebuah turnamen bergengsi tahun depan.

Edu yang semula enggan, menyetujui tugas tersebut, namun akhirnya berubah.

Dia dijanjikan akan memimpin sebuah anak perusahaan yang akan didirikan Simon, dengan satu syarat harus bisa mendirikan sebuah klub sepakbola remaja yang akan disponsori oleh perusahaan dan merekrut bakat-bakat muda Papua yang tercerai-berai tanpa pembinaan.

Anak perusahaan itu akan mengibarkan kebanggaan tim sepakbola tersebut, dan menjadi satu-satunya pihak yang sanggup merawat simbol harga diri masyarakat Papua.

Usaha Edu terbentur oleh kekecewaan para pemain sepak bola tim binaan coach John karena hadiah yang dijanjikan tidak diberikan sponsor saat kemenangan turnamen sebelumnya, hal tersebut menyebabkan mereka berpencar pulang entah ke mana. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler